--> Skip to main content
Menu

Pengertian Plakat, Jenis, Fungsi dan Contohnya

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang apa itu plakat. Mungkin diantara teman-teman ada yang pernah mendengar kata plakat? Nah, bagi kamu yang belum tahu apa yang dimaksud plakat maka bisa menyimak penjelasan secara rinci tentang pengertian plakat, jenis-jenis plakat, fungsi, dan contoh plakat.

Pengertian Plakat

Pengertian Plakat

Plakat adalah sebuah benda yang sering digunakan sebagai hadiah atau souvenir dalam momen yang special. Plakat biasanya diberikan kepada seseorang yang berhasil memenangkan suatu kompetisi, kepada seseorang yang menjadi pembicara pada suatu acara seperti seminar, workshop dan lain-lain. Plakat dapat terbuat dari material pilihan seperti akrilik, kayu, logam, fiber, dan resin. Jadi plakat itu memang terdiri dari beberapa jenis sesuai dengan bahan yang digunakan untuk membuat.

Jenis-Jenis Plakat

Adapun penjelasan tentang jenis-jenis plakat berdasarkan bahan pembuatannya adalah sebagai berikut ini.

1. Plakat Akrilik

Plakat akrilik adalah jenis kerjinan modern yang banyak peminatnya. Selain karena proses untuk membuatnya yang tergolong mudah, plakat jenis ini mempunyai daya tahan yang bagus, baik itu karena terkena benturan maupun cuaca. Plakat akrilik harganya cukup terjangkau dan sangat cocok bagi kamu yang mempunyai dana terbatas.

2. Plakat Kayu

Plakat kayu adalah kerajinan yang dibuat dari material kayu pilihan agar plakat yang dihasilkan berkualitas, kuat, dan awet. Namun, dikarenakan proses pembuatannya yang agak rumit, dan pengukirannya yang susah, maka tidak heran kalau harga plakat kayu ini cukup mahal.

3.Plakat Logam

Plakat logam adalah plakat yang dibuat dari bahan logam seperti alumunium, kuningan, stainlis maupun bahan logam yang lain. Plakat ini pada dasarnya dipakai sebagai ornament atau hiasan suatu tempat atau ruangan karena warna logam yang terkesan mewah dan elegan serta awet.

4. Plakat Fiber

Plakat fiber adlaah kerjinan yang dibuat dari bahan-bahan yang diracik lalu dicetak dengan cetakan sesuai pesanan. Plakat fiber ini memiliki desain yang terkesan modern dan keekinian serta dapat dibentuk-bentuk menjadi thropy, miniature, atau bentuk lainnya yang lebih simple. Plakat fiber yang elegan dan berkualitas tentu tergantung dari pemilihan bahan yang digunakan dalam pembuatan.

5. Plakat Resin

Plakat resin adalah kerajinan yang tampak elegan dan indah, bahan yang digunakan jernih, bening seperti Kristal dan mudah dibentuk tetapi bukan seperti kaca. Plakat resin ini proses pembuatannya hampir seperti halnya plakat fiber yakni dicetak dengan cetakan yang sudah dipersiapkan.

Fungsi Plakat

Plakat memiliki beberapa fungsi, adapun fungsi dari plakat diantaranya adalah:

  • Plakat bisa digunakan sebagai bentuk ucapan ulang tahun.
  • Plakat bisa digunakan sebagai bentuk ucapan pernikahan.
  • Plakat bisa digunakan sebagai bentuk ucapan terima kasih.
  • Plakat bisa digunakan sebagai bentuk trofi perlombaan, piala penghargaan, dan trofi wisuda.

Contoh Plakat

Adapun beberapa contoh plakat beserta gambarnya adalah sebagai berikut ini:

1. Contoh Plakat Ulang Tahun

Plakat Ulang Tahun

2. Contoh Plakat Wisuda

Plakat Wisuda

3. Contoh Plakat Penghargaan

Contoh Plakat Penghargaan

Itulah penjelasan tentang pengertian plakat, jenis, fungsi dan contohnya. Semoga penjelasan yang kami tulis di atas dapat bermanfaat.