--> Skip to main content
Menu

Pengertian Produk Sanitary dan Contohnya

Produk sanitary menjadi salah satu produk yang sangat dibutuhkan ketika melakukan pembangunan, baik itu properti residensial ataupun komersial. Produk sanitary di Indonesia telah mengikuti perkembangan baik bentuk maupun warnanya mengikuti tren modern seperti sekarang ini. Nah seperti apa itu produk sanitary? Apa saja jenis-jenisnya? Simak penjelasan berikut ini:

Pengertian Produk Sanitary

Pengertian Produk Sanitary

Kata sanitary berasal dari serapan bahasa Inggris yang artinya berhubungan dengan kebersihan dan kesehatan. Produk sanitary adalah produk-produk kelengkapan rumah yang penggunaannya bertujuan sebagai fasilitas kebersihan. Bahkan sekarang ini produk sanitary telah berkembang sangat pesat dan mempunyai beragam produk-produk turunan yang disertai dengan berbagai fitur yang canggih

Contoh Produk Sanitary

Terdapat beberapa contoh produk sanitary yang cukup popular digunakan. Adapun penjelasan dari beberapa contoh produk sanitary kami jabarkan sebagai berikut:

1. Closet

Closet merupakan produk sanitary yang dapat digunakan untuk buang air besar maupun kecil. Closet sendiri ada 2 jenis yaitu closet jongkok dan closet duduk.

2. Urinoir

Urinoir merupakan produk sanitary yang biasa ditemukan di kamar mandi khusus laki-laki. Urinoir biasanya dipasang menempel pada dinding. Fungsi dari urinoir adalah sebagai tempat untuk buang air kecil bagi laki-laki.

3. Wastafel

Wastafel merupakan produk sanitary yang dapat digunakan untuk membersihkan tangan dan alat makan. Saat ini wastafel tidak hanya ditemukan restoran atau di tempat umum, tetapi sudah banyak rumah pribadi yang menggunakan produk ini. Hanya saja biasanya wastafel yang digunakan untuk keperluan komersial dan rumah pribadi mempunyai perbedaan pada spesifikasinya.

4. Shower

Shower adalah produk sanitary yang berfungsi sebagai sarana untuk mandi dan membersihkan diri. Shower terdiri dari 2 jenis yaitu fix shower head dan hand shower. Fix shower head bersifat permanen yang dipasang di atas kepala dan tidak dapat dipindahkan. Sedangkan hand shower merupakan shower yang dapat digerakkan menggunakan tangan.

5. Bathtub

Bathub merupakan produk sanitary yang fungsinya sebagai tempat untuk berendam, mandi, dan membersihkan diri. Umumnya bathub dipasang menempel di sudut dinding dan lantai pada kamar mandi. Akan tetapi saat ini telah ada banyak model bathub yang bisa dipilih seperti free standing, berdiri di tengah kamar mandi bahkan dipasang di ruang kamar.

6. Shower screen

Shower screen atau yang dikenal dengan shower box merupakan suatu produk sanitary yang berbentuk partisi dengan menggunakan bahan kaca. Shower screen biasanya digunakan untuk memisahkan antara area basah dengan kering. Namun, saat ini produk ini banyak yang digunakan untuk memberikan kesan modern pada kamar mandi karena dapat menjadi pengganti tirai yang dianggap kurang efektif dan kuno sebagai sekat kamar mandi.

7. Kitchen sink

Kitchen Sink merupakan produk sanitary yang biasa ditemukan di dapur. Produk ini mempunyai beberapa fungsi seperti untuk mencuci tangan, mencuci piring maupun membersihkan bahan makanan. kitchen sink di pasaran mempunyai beberapa material dasar diantaranya yaitu porselen, stainless steel, granite maupun material yang lain yang dapat disesuaikan dengan seleara dan kebutuhan.

Itulah penjelasan tentang pengertian produk sanitary dan beberapa contohnya. Nah bagi anda yang saat ini membutuhkan berbagai produk sanitary untuk perlengkapan rumah, anda bisa mendapatkan informasi selengkapnya di situs https://galleria.co.id/.