--> Skip to main content
Menu

Sistem Penggajian Payroll Karyawan Dengan Menggunakan Software

Payroll merupakan pengelolaan administrasi penggajian yang meliputi perhitungan hingga pembayaran gaji karyawan. Proses payroll bisa dilakukan secara manual maupun menggunakan software payroll.

Sistem Penggajian Payroll Karyawan Dengan Menggunakan Software

Proses payroll secara manual dilakukan dengan melibatkan peran dari admin HR atau finance dalam melakukan pencatatan, perhitungan sampai pembayaran gaji. Admin penggajian melakukan pengelolaan data karyawan, melakukan perhitungan gaji, membuat dan mengedarkan slip gaji hingga membayarkan gaji.

Tentunya proses tersebut akan memakan banyak waktu. Selain itu, semakin banyaknya jumlah karyawan, juga membuat proses payroll menjadi semakin lama. Belum lagi jika terjadi human error tentu akan sangat merepotkan. Maka dari itulah akan lebih efisien jika proses payroll dilakukan dengan menggunakan software payroll.

Proses Payroll dengan Software

Secara umum cara membuat payroll gaji melibatkan proses sebagai berikut:

  • Pengumpulan data penggajian secara relevan, seperti data kehadiran dan jam lembur. Data tersebut dipakai sebagai variabel untuk menghitung tunjangan dan upah lembur.
  • Melakukan perhitungan setiap komponen gaji, baik itu yang bersifat teratur seperti gaji dan tunjangan tetap, maupun yang tidak teratur seperti THR dan bonus, serta membuat daftar gaji karyawan. Apabila perusahaan memberikan tunjangan pajak, maka terlebih dahulu melakukan perhitungan besarnya tunjangan PPh 21.
  • Menyusun formulir slip gaji dan melakukan perhitungan gaji bersih karyawan setalah dikurangi potongan iuran asuransi, BPJS dan pajak PPh 21.
  • Membayarkan gaji karyawan sesuai slip gaji melalui bank maupun seecara langsung.

Dengan adanya proses payroll perusahaan menggunakan software, maka dapat memungkinkan seluruh proses di atas bisa dilakukan dengan cepat. Proses perhitungan payroll akan dilakukan secara otomatis menggunakan software, sehingga tidak terlalu melibatkan campur tangan yang banyak admin penggajian.

Sofware payroll dapat mempersingkat waktu kerja, menghemat biaya perusahaan, dan meningkatkan akurasi. Hanya dengan sedikit sumber daya, software payroll akan sangat bisa diandalkan untuk membantu menyelesaikan penggajian banyak karyawan dengan minim terjadinya risiko error.

Menghitung kehadiran

Data kehadiran bisa didapatkan dari aplikasi absensi. Jadi, apabila menggunakan aplikasi payroll seperti aplikasi payroll dari Krishand, maka data kehadiran karyawan akan diimpor dari software absensi. Proses ini tentu akan lebih praktis jika dibandingkan melakukan rekap secara manual.

Menghitung lembur

Aplikasi payroll dapat memudahkan proses menghitung lembur. Dengan menggunakan data jam lembur karyawan, sistem dalam aplikasi secara otomatis akan menghitung upah lembur karyawan. Aplikasi absensi hadir bisa mencatat jam lembur karyawan, kemudian data tersebut diimpor ke sistem payroll untuk perhitungan upahnya.

Menghitung THR dan bonus

Aplikasi payroll dapat memudahkan dalam menghitung THR dan bonus untuk karyawan. Proses perhitungan THR dilakukan otomatis sesuai ketentuan pemerintah berdasarkan data masa kerja. Sementara untuk perhitungan bonus menggunakan data hasil penilaian kerja karyawan dan produktivitasnya.

Menghitung BPJS

Sistem payroll dapat melakukan perhitungan tunjangan BPJS yang diberikan oleh perusahaan maupun premi BPJS yang dipotongkan dari gaji karyawan. Proses ini dapat dilakukan secara otomatis dan hasilnya dapat ditampilkan dalam slip gaji karyawan.

Menghitung pajak karyawan

Dalam penggajian, menghitung pajak penghasilan karyawan merupakan salah satu pekerjaan yang rumit dan menghabiskan waktu. Hal itu karena perhitungan PPh 21 harus mengikuti peraturan perpajakan yang sering berubah. Namun dengan adanya software payroll, maka semua itu bisa dihitung otomatis.

Menghitung gaji

Software payroll dapat mempermudah perhitungan gaji baik itu untuk karyawan tetap, kontrak maupun untuk karyawan lepas. Selain itu juga dapat membantu admin dalam pembukuan gaji dan membuatkan jurnal beban gaji perusahaan. Dengan demikian software payroll bisa membantu merapikan administrasi gaji di perusahaan.

Membuat slip gaji dan membayar gaji

Software payroll dapat memudahkan admin penggajian dalam menyusun slip gaji tanpa harus menggunakan form Excel. Pembuatan slip gaji menjadi lebih praktis, aman dan mudah diakses oleh karyawan saat tanggal penggajian.

Itulah penjelasan tentang sistem penggajian payroll karyawan dengan menggunakan software, semoga dapat bermanfaat.