--> Skip to main content
Menu

Pengertian Review Artikel Jurnal dan dan Cara Melakukannya

Seringkali tugas review artikel jurnal dianggap sepele dan dianggap sebagai tugas yang mudah dikerjakan. Hal tersebut karena banyak yang menyamakan tugas review artikel jurnal itu seperti meringkas jurnal. Padahal kegiatan review artikel jurnal tidak hanya sekeder meringkas. Lalu seperti apa itu Apa Itu Review Artikel Jurnal? Berikut penjelasan tentang pengertian review artikel jurnal dan dan cara melakukannya.

Pengertian Review Artikel Jurnal dan dan Cara Melakukannya

Pengertian Review Artikel Jurnal

Review artikel jurnal adalah kegiatan penilaian tentang potensi atau limitasi dan pokok bahasan yang terdapat dalam sebuah artikel. Review artikel jurnal dapat memberikan penjelasan, investigasi maupun klarifikasi mengenai pentingnya sebuah artikel jurnal yang direview kepada pembaca.

Kegiatan me-review artikel jurnal memerlukan kejelian dalam membaca sehingga pada akhirnya penulis bisa menyatakan pendapat pribadinya mengenai pokok pembahasan yang terdapat dalam artikel jurnal.

Dapat pula dikatakan bahwa kegiatan me-review artikel jurnal itu seperti halnya mengevaluasi artikel. Jadi orang yang me-review atau menulis review artikel jurnal, harus dapat menjelaskan kualitas, kelengkapan maupun akurasi penelitian dalam sebuah artikel. Selain itu juga harus mampu memberikan komentar, saran dan rekomendasi kepada pembaca mengenai artikel jurnal yang direviewnya.

Cara Melakukan Review Jurnal

Sebelum melakukan penulisan review artikel jurnal terdapat cara yang penting untuk kamu ketahui. Adapun cara tersebut yaitu sebagai berikut:

1. Periksa tujuan dan ruang lingkup artikel jurnal yang hendak direview

Sebelum menulis review artikel jurnal kamu harus memilih jurnal yang akan direview. Dalam hal ini kamu harus tahu apa tujuan dan ruang lingkup jurnal yang kamu pilih. Tentunya hal ini menjadi hal yang penting supaya kamu tidak salah dalam memilih jurnal, dan jurnal yang kamu pilih bisa sesuai dengan bidang studimu.

2. Pilihlah artikel jurnal yang relevan

Untuk artikel jurnal yang akan kamu jadikan sebagai bahan rujukan atau sumber referensi, memilih artikel jurnal yang relevan tentu merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Tentunya artikel jurnal yang kamu pilih harus sesuai dengan apa yang menjadi topik dalam penelitian yang hendak kamu lakukan.

3. Periksa keaslian artikel jurnal

Keaslian atau orisinalitas artikel jurnal merupakan hal yang penting karena dapat memberikan nilai lebih terkait dengan kredibilitas baik itu dari sisi hasil review hingga sumber referensi dalam penelitianmu. Untuk mengetahui keaslian artikel jurnal, pastika kamu mendapatkan artikel jurnal tersebut dari situs penyedia jurnal terpercaya. Pastikan juga jurnal yang kamu review itu secara resmi terdaftar dan terindeks scopus.

4. Perhatikan bagian diskusi dan kesimpulan arikel jurnal

Dengan cara memperhatikan bagian diskusi dan kesimpulan artikel jurnal maka akan bisa memperoleh gambaran mengenai hasil yang diperoleh dari penelitian pada artikel jurnal, terkait solusi, metode penelitian yang diterapkan dan lain-lain. Tentunya gambaran mengenai hasil akan menjelaskan tentang seberapa baik dan sesuainya jurnal yang kamu pilih.

Itulah penjelasan singkat tentang pengertian review artikel jurnal dan dan cara melakukannya. Bagi sebagian orang melakukan review artikel jurnal merupakan hal yang menyenangkan dan mudah dilakukan. Namun, beberapa orang yang mempunyai kesibukan tinggi mungkin akan sulit untuk meluangkan waktunya untuk mengerjakan review artikel jurnal. Sehingga tidak heran, jika beberapa diantara mereka ada yang mempercayakan tugas tersebut kepada kepada jasa Review Artikel Jurnal seperti asistentugas.