--> Skip to main content
Menu

Rig, Alat Berat untuk Temukan Berbagai Bahan Tambang

Rig agaknya menjadi alat yang lekat dengan perusahaan tambang. Hal ini karena rig memang kerap dimanfaatkan untuk operasional kerja perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan, terutama pertambangan minyak. Secara garis besar, rig dimanfaatkan untuk mengebor tanah guna mendapatkan minyak bumi, gas atau mineral lain. Cara kerjanya yaitu dengan cara menembus lapisan-lapisan pada bumi.

Sebagai sebuah alat berat, rig itu terdiri atas beberapa bagian. Salah satunya yaitu mud pumps yang dapat berfungsi untuk memompa lumpur selama dalam proses kegiatan pengeboran. Kemudian, ada juga rotary table yang memberikan gaya putar saat proses pengeboran. Ada juga trip tank yang berfungsi untuk menampung cairan yang didapatkan. Selain terdiri dari beberapa bagian, rig juga dibedakan menjadi dua jenis, yaitu rig onshore dan offshore.

  • Rig Onshore: Rig darat dikenal juga dengan nama land rig. Jenis rig ini dipakai untuk kegiatan operasi pengeboran di daratan.
  • Rig Offshore: Jenis rig ini dimanfaatkan untuk pengeboran minyak yang ada di perairan, seperti laut, rawa, dan sungai. Maka dari itu, rig ini sering juga disebut rig laut.
Rig

Rig Menjadi Inspirasi untuk Menghadirkan Souvenir Relasi

Rig yang menjadi alat ikonik bagi perusahaan tambang sering kali dijadikan inspirasi dalam membuat souvenir relasi. Perusahaan biasanya membuat miniatur rig untuk dihadirkan dalam berbagai acara sebagai souvenir. Kerajinan miniatur tersebut dapat menyempurnakan acara seminar, kunjungan bisnis, hingga kerja sama bisnis.

Perusahaan dapat memanfaatkan rig sebagai cendera mata yang diberikan kepada relasi untuk memperkuat hubungan bisnis yang sudah terjalin. Karena terlihat begitu representatif, miniatur rig bisa juga menjadi sebagai sarana untuk mendukung proses branding dan juga promosi. Hal ini karena kerajinan miniatur yang satu ini juga mengandung pesan mendalam.

Tidak sekadar menjadi kenang-kenangan perusahaan yang menjadikan momen terasa berkesan, miniatur rig bahkan dapat dijadikan sebagai penghargaan dan ungkapan rasa terima kasih. Hal ini tergambar ketika perusahaan memberikan souvenir miniatur ini kepada relasi kala terjadi kerja sama bisnis. Pemberian miniatur rig kepada relasi juga dapat mempererat hubungan bisnis dan juga meningkatkan citra yang positif bagi perusahaan di mata relasi.

Perusahaan pun akan tampak percaya diri memberikan miniatur pertambangan kini karena memang memiliki tampilan yang menarik dan elegan. Salah satu yang menjadi alasannya ialah karena miniatur ini terbuat dari bahan logam yang biasanya diberikan polesan akhir menggunakan warna emas. Relasi pun akan merasa senang dan berkesan saat menerimanya.