--> Skip to main content
Menu

Jenis Website Berdasarkan Sifat Dan Fungsinya

Ada banyak website yang tersebar di internet. Keberadaan website tersebut, tentu tidak lepas dari tangan developer web atau Jasa pembuatan website. Namun, tahukah kamu kalau website sendiri ada banyak jenisnya. Lalu, apa sajakah jenisnya? Slahkan imak penjelasan yang kami tulis ini samapi selesai.

Jenis Website Berdasarkan Sifat Dan Fungsinya

Ketika hendak membuat sebuah website baru, mungkin beberapa orang marasa kesulitan untuk menentukan jenis website apa yang tepat dan sesuai dengan tujuan. Untuk itulah penting mengetahui tentang jenis-jenis website.

Jenis Website Berdasarkan Sifatnya

Jenis website berdasarkan sifatnya terbagi menjadi 2 yaitu website statis dan dinamis.

Website Statis

Website statis adalah jenis website dengan konten yang konstan atau tidak berubah. Halaman web statis dirancang menggunakan kode html dan hanya menampilkan informasi yang sama kepada setiap pengunjung. Umumnya jenis website statis digunakan perusahaan yang hanya perlu menampilkan informasi mendasar, seperti sejarah, alamat dan kontak perusahaan.

Website Dinamis

Website dinamis adalah website berisi konten yang bisa diupdate secara berkala. Website dinamis dapat memungkinkan beberapa user melakukan update tanpa mengganggu desain webnya.

Jenis-Jenis Website Berdasarkan Fungsinyya

Berikut ini adalah jenis-jenis website berdasarkan fungsinya, yang bisa kamu jadikan sebagai inspirasi dalam membuat website.

Website E-commerce

Website e-commerce merupakan website yang website dibuat untuk memfasilitasi pembelian dan penjualan produk secara online. Website ini dijadikan sebagai media untuk bertransaksi antara penjual dengan pembeli, dimana dalam proses pembelian produk hingga pembayaran akan terjadi di website.

Website Bisnis

Website bisnis merupakan website yang tujuan pembuatannya digunakanuntuk mewakili sebuah bisnis tertentu. Website bisnis umumya mengkomunikasikan jenis produk atau layanan yang ditawarkan dalam sebuah bisnis. Lalu apa bedanya dengan website e-commerce? Website e-commerce dapat disebut sebagai website bisnis. Namun, website bisnis tidak selalu website e-commerce.

Website Entertainment

Website Entertainment meerupakan jenis website yang dibuat untuk tujuan hiburan. Website ini bisa berisi gambar, video, maupun film atau hal apapun yanb bisa memberikan hiburan.

Website Media atau Portal Berita

Website portal berita meruapakan website yang berisi kumpulan berita atau pelaoran lainnya. Umumnya website portal berita dapat menghasilkan melalui iklan yang ditampilkan, model berlangganan maupun kombinasi antara keduanya.

Website Portfolio

Website portfolio merupakan jeni website yang meenampilkan hasil karya ataupun pekerjaan yang pernah dikerjakan. Fungsi website portfolio adalah untuk menunjukkan hasil kerja dan kualitas pekerjaan yang pernah dikrjakan kepada klien. Website ini cocok digunakan untuk membangun personal branding, karena di dalamnya berisi mengenai informasi pemilik website dan portofolionya. Website portfolio kebanyakan dijadikan sebagai website personal karena mempunyai tujuan yang sama.

Website Pendidikan

Website pendidikan meruapakn jenis website yang tujuan utamanya adalah menyediakan materi pendidikan untuk para pengunjung. Bisa juga menyajikan informasi terkait institusi pendidikan kepada para pengunjung.

Website Forum

Website Forum adalah jenis web yang memungkinkan pengunjungnya untuk saling berkomunikasi satu sama lain dengan memposting pesan sebuah pesan.

Website Nirlaba

Website nirlaba merupakan jenis website yang digunakan sebagai sebuah media untuk kegiatan sosial. Contohnya website penggalangan dana untuk kegiatan sosial yang diadakan oleh sebuah organisasi.

Itulah beberapa jenis website berdasarkan sifat dan fungsinya, yang dapat kami tulis. Semoga informasi yang telah kami tulis di atas dapat bermanfaat khususnya bagi kamu yang ingin membuat website dan bingung menentukan jenis website apa yang ingin kamu buat.