--> Skip to main content
Menu

Pengertian Website Berita dan Contohnya

Website merupakan kumpulan informasi yang bisa diakses melalui perangkat seperti ponsel atau komputer yang tersambung melalui jaringan internet. Website dapat diartikan sebagai kumpulan dokumen berupa halaman web yang berisi tentang informasi baik itu berupa teks, gambar, video maupun suara. Jenis-jenis website sendiri ada bermacam-macam salah satunya yaitu website berita seperti rdntimes.com. Nah, apa itu website berita? Bagi kamu yang belum tahu berikut ini adalah penjelasan tentang pengertian website berita dan contohnya.

Pengertian Website Berita

Pengertian Website Berita

Pengertian website berita adalah jenis website yang dibuat dengan tujuan untuk menyebarluaskan berita atau informasi secara luas di internet. Website berita ini mampu menyedot perhatian banyak orang terutama bagi mereka yang menjadikan website berita sebagai media dan sumber informasi.

Dapat pula didefinisikan bahwa website berita adalah suatu website yang memuat konten berita dan informasi yang terkini dan terbaru. Biasanya dalam website berita ada berbagai macam kategori seperti seputar olahraga, pendidikan, bisnis, keuangan, politik, kesehatan, kecantikan, fashion, otomotif, properti, wisata, teknologi, dan lain-lain. Website berita terkadang juga disebut sebagai website portal yang artinya segala bentuk informasi terkini dan terbaru bisa didapatkan melalui website berita.

Sekarang ini internet menjadi media informasi yang tercepat dan terakurat, sehingga banyak para pengguna internet yang memanfaatkan website berita sebagai sumber bacaan utama. Informasi yang disajikan dalam website berita benar-benar terbaru, akurat dan up to date. Tidak jarang banyak diantara mereka yang menjadikan website berita menjadi website yang paling wajib untuk dikunjungi setiap harinya. Karena itulah website berita menjadi website yang populer dibandingkan jenis website lain. Selain itu, mudahnya mendapatkan informasi berita melalui intenet, saat ini banyak pembaca berita yang dulunya berlangganan koran atau majalah beralih berlangganan internet untuk membaca berita dari website-website berita.

Contoh Website Berita

Ada banyak contoh website berita di Indonesia beberapa diantaranya yaitu detik, kompas, kapan lagi, okezone rdn times, dan lain-lain.

  1. Detik.com, siapa sih yang tidak mengenalnya, sesuai dengan namanya “Detik”, informasi yang di update melalui website berita ini bisa dibilang sangat cepat, sehingga membuat website berita ini menjadi populer di Indonesia.
  2. Kompas.com, sebelumnya kompas telah sukses di dunia offline dengan koran kompas. Kini ketika segala sesuatu dilakukan serba online, kompas juga telah sukses dengan website beritanya.
  3. Okezone.com, di awal kemunculan website berita ini langsung melejit sebagai website berita yang populer, hal tersebut karena kekuatan promosinya, dimana waktu itu hampir setiap hari salah satu stasiun televisi mengiklankan website okezone.
  4. Kapanlagi.com, merupakan salah satu website berita yang berfokus menyajikan informasi seputar hiburan. Kekuatan promosi yang dilakukan membuat website berita kapanlagi dikenal oleh banyak orang, sehingga menjadikannya populer di Indonesia.
  5. Rdntimes.com, merupakan situs website yang menyajikan informasi berita terkini dan terbaru seputar keuangan, bisnis, fashion, olahraga, kesehatan, kecantikan, pendidikan, otomotif, properti, wisata, teknologi, dan politik di Indonesia. Website rdn times ini terbilang masih baru namun menyajikan berita-berita menarik untuk dibaca dan kedepannya mungkin juga bisa menjadi sebuah website yang besar dan dikenal oleh banyak orang.

Selain beberapa contoh di atas, sebenarnya masih banyak sekali contoh-contoh website berita lainnya yang tidak bisa kami sebutkan dan jelaskan satu persatu karena terbatasnya waktu. Demikianlah penjelasan yang dapat kami tuliskan tentang pengertian website berita dan contohnya, semoga apa yang telah kami tulis dalam postingan ini dapat bermanfaat bagi teman-teman semua.