--> Skip to main content
Menu

Pengertian Hand Pallet Fungsi dan Jenisnya

Sebenarnya dalam kegiatan industri hand pallet sudah sering digunakan dalam berbagai tempat seperti di gudang, supermarket, pabrik hingga pelabuhan Dalam penggunaannya alat ini cukup efektif apabila perusahaan mempunyai tempat penyimpanan barang yang tidak begitu luas. Lalu apa itu hand pallet? Sebelum kamu membeli handpallet di tempat yang jual hand pallet kamu perlu tahu dulu pengertian, fungsi dan jenis hand pallet.

Pengertian Hand Pallet Fungsi dan Jenisnya

Pengertian Hand Pallet

Hand pallet adalah sebuah alat material handling untuk mengangkut dan memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lain. Alat ini memiliki peran yang sangat penting dalam membantu proses kegiatan bongkar muat barang.

Hand pallet ini memiliki bentuk yang kecil dengan 4 roda kecil, 1 buah kemudi di bagian belakangnya dan 2 garpu untuk menaruh barang yang diangkat. Apabila dilihat dari bentuknya, hand pallet mirip seperti kendaraan pengangkut barang lainnya. Hand pallet mempunyai ukuran dan gaya yang berbeda tergantung dari kegunaan dan perannya dalam menyelesaikan tugas handling. Umumnya cara kerja hand pallet menggunakan sistem hidrolik atau sistem hand pallet elektrik. Dimana dalam penerapannya, alat ini mempunyai gaya yang dapat menaikkan dan menurunkan barang bawaan.

Fungsi Hand Pallet

Hand pallet yang banyak dijual di tempat distributor lifting equipment seperti di Mega Jaya tentu memiliki berbagai fungsi. Adapun penjelasan tentang fungsi hand pallet adalah sebagai berikut ini:

Fungsi hand pallet adalah digunakan untuk memindahkan beban-beban pada suatu barang dari suatu tempat ke tempat yang lain. Dalam menjalankan fungsinya, hand pallet dikemudikan oleh seorang operator yang memiliki keterampilan dalam mengemudikan. Untuk itulah, pihak industri atau perusahaan perlu mengadakan sebuah pelatihan secara khusus untuk operator demi keamanan dan ketepatan dalam penggunaan alat hand pallet. Tujuan pelatihan tersebut adalah untuk meminimalisir terjadinya kerusakan pada barang.

Dapat dikatakan fungsi dari hand pallet adalah untuk membantu mempermudah pekerjaan operator mengngat efisiensi waktu merupakan hal yang sangat penting dalam industri. Hand pallet dapat berfungsi dengan baik apabila diguankan di tempat yang memiliki permukaan bertingkat dan halus. Hal itu karena jenis roda pada alat ini bervariasi antara satu dengan yang lain.

Jenis-jenis Hand Pallet

Sebelum membeli hand pallet di tempat yang jual hand pallet, ada baiknya kamu tahu dulu jenis-jenis hand pallet. Adapun jenis-jenisnya adalah sebagai berikut ini:

  • Hand Pallet Manual: Jenis hand pallet yang dioperasikan secara manual untuk pemindahan dan pengangkutan barang. Biasanya jenis hand pallet manual ini tersedia untuk kapasitas antara 1-5 ton dengan kemampuan yang tinggi angkut sekitar 110mm/ 11 cm.
  • Hand Pallet Mover/Elektrik: Jenis hand pallet terbaru yang telah dilangkapi dengan daya listrik sebagai penggeraknya.
  • Scissor: Seperti halnya jenis hand pallet manual, yang membedakannya adalah Scissor mampu menjangkau ketinggian maksimal hingga kurang lebih 80 cm. Dengan mekanisme tiang pada bagian bawah fork berbentuk X maupun mekanisme berbentuk seperti gunting.
  • Stainless Steel: Jenis hand pallet yang banyak digunakan untuk industri maknan, hal tersebut karena komponen penyusunnya menggunakan material stainless yang tidak mudah berkarat. Jenis hand pallet yang satu ini masih menggunakan sistem pengeoperasian manual.
  • Scale: jenis hand pallet yang memiliki fungsi ganda yaitu bisa mengangkat dan menimbang beban yang hasilnya bisa ditampilkan pada layar digital.
  • Paper Roll/Roll: Jenis hand pallet khusus untuk mengangkut barang dengan bentuk paper roll atau roll yang berbentuk tisu, gulungan kain, kertas dan lain sebagainya.

Setelah tahu apa itu hand pallet dari pengertian, fungsi dan jenis hand pallet tersebut, maka jika kamu ingin membeli hand pallet kami rekomendasikan untuk membelinya di Mega Jaya. Kenapa memilih di Mega Jaya? Karena Mega Jaya merupakan distributor lifting equipment resmi yang dapat memberikan harga hand pallet termurah dan berkualitas tinggi.

Bukan hanya itu saja, di Mega Jaya kamu bisa menemukan berbagai pilihan merk dan harga hand pallet yang dapat kamu sesuaikan dengan budget dan kebutuhanmu. Selain itu belanja hand pallet di Mega Jaya juga sangat mudahnya, karena kamu juga dapat melakukan pembelian hand pallett secara online di Mega Jaya.