--> Skip to main content
Menu

Apa Itu Veneer Gigi: Pengertian, Manfaat dan Prosedur Pemasangannya

Pemasangan Veneer gigi dapat menjadi salah satu prosedur medis yang banyak dipilih oleh pasien untuk memperbaiki penampilan gigi pada bagian depan. Hal tersebut karena metode pemasangan veneer gigi dapat memperbaiki struktur dan warna gigi. Namun, sebelum kamu memilih metode yang satu ini untuk memperbaiki gigi, pastikan kamu sudah tahu apa itu veneer gigi, manfaat dan bagaimana prosedurnya.

Veneer gigi

Pengertian Veneer Gigi

Veneer gigi adalah sebuah prosedur medis yang dilakukan dengan prosedur penempelan veneer ke bagian depan gigi. Veneer sendiri merupakan sebuah cangkang tipis yang dipakai untuk melapisi bagian depan gigi. Adapun tujuan dari pemasangan veneer gigi adalah untuk memperbaiki penampilan gigi baik itu dari struktur maupun warnanya.

Umumnya veneer gigi terbuat dari porselen atau resin komposit yang akan menempel secara permanen pada gigi. Lain halnya dengan crown gigi dan implan gigi, veneer gigi hanya menutup pada bagian depan gigi. Sedangkan crown gigi menutupi seluruh bagian mahkota gigi dan untuk implan gigi merupakan prosedur mengganti gigi hingga ke akarnya.

Manfaat Veneer Gigi

Adapun beberapa manfaat dari prosedur veneer gigi diantaranya dalah:

  • Dapat memperbaiki penampilan gigi baik struktur maupun warnanya.
  • Dapat meningkatkan penampilan senyum yang lebih baik.
  • Dapat berbaur dengan gigi alami sehingga akan terlihat natural.
  • Tidak mudah mengalami perubahan warna apabila dibandingkan dengan email gigi asli.
  • Tidak membutuhkan perawatan tambahan.

Prosedur Pemasangan Veneer Gigi

Adapun prosedur dalam pemasangan Veneer gigi yang perlu untuk kamu ketahui yaitu meliputi tahap persiapan, selama prosedur hingga sesudahnya.

1. Persiapan sebelum prosedur

Dalam pertemuan awal, gigi dan gusi kamu akan diperiksa oleh dokter gigi untuk menentukan apakah kamu sudah memenuhi syarat untuk menjalani prosedur ini. Apabila sudah, dokter akan mempersiapkan gigi kamu dengna menghilangkan sedikit email gigi.

Kemudian, dokter akan mengambil cetakan gigi kamu. Cetakan gigi tersebut akan digunakan teknisi lab gigi untuk membuat veneer khusus gigi kamu. Tetapi, apabila kamu memilih veneer komposit maka tidak perlu cetakan.

Butuh waktu beberapa minggu untuk lab gigi dalam menyelesaikan prosedur ini. Apabila perlu, mungkin dokter gigi bisa menempatkan veneer sementara. Sesudah veneer selesai dibuat, lab akan mengirimkan ke dokter gigi.

2. Selama prosedur

Saat kunjungan berikutnya, dokter gigi akan melakukan pemeriksaan terkait bentuk, warna hingga kecocokan veneer. Setelah itu, dokter akan menempelkan veneer tersebut secara permanenen dengan menggunakan semen gigi.

Dokter, akan memeriksa gigitan dan membuat penyesuaian jika diperlukan. Apabila kamu merasa tidak nyaman atau ada yang tidak sesuai, sebaiknya beritahukan kepada dokter gigi. Dokter gigi akan bekerja sama dengan laboratorium gigi untuk memastikan hasil yang bisa kamu dapatkan itu memuaskan.

3. Sesudah prosedur

Setelah menjalani prosedur pemasangan veneer gigi, kamu bisa kembali melakukan aktivitas normal di hari yang sama. Kamu juga bisa minum atau makan dengan segera sesudah janji temu, selama anestesi sudah hilang.

Lalu, berapa lama kah veneer gigi dapat bertahan? Tergantung dari jenis bahan veneer yang digunakan. Jika veneernya berbahan komposit umumnya mampu bertahan antara 3-7 tahun jika dirawat dengan baik dan benar. Jika veneernya berbahan porselen akan mampu bertahan antara 10-15 tahun.

Itulah penjelasan tentang apa itu veneer gigi dari mulai pengertian, manfaat dan prosedur pemasangannya. Nah, bagi kamu yang ingin memasang veneer gigi mungkin Klinik Gigi Arirang dapat menjadi solusinya. Klinik Gigi Arirang merupakan klinik gigi terbesar dan terpercaya yang telah menggunakan teknologi Korea. Adapun lokasi Klinik Gigi Arirang berada di Lotte Shopping Avenue Lantai 5, Jakarta.