--> Skip to main content
Menu

Pengertian Eksterior Rumah dan Fungsinya

Eksterior rumah merupakan hal yang sama pentingnya dengan interior rumah. Eksterior rumah berperan dalam menjaga struktur dan keamanan rumah. Selain itu eksterior rumah juga berperan dalam menciptakan hunian supaya tampak indah. Lalu apa itu ekterior rumah? Nah, dalam pembahasan ini akan kami bahas tentang pengertian esterior rumah dan fungsinya.

Pengertian Eksterior Rumah dan Fungsinya

Pengertian Eksterior Rumah

Eksterior rumah merupakan tempilan pada bagian luar rumah yang meliputi atap, fasad dan halaman. Eksterior rumah dengan desain yang menarik dan sessuai gaya arsitektur rumah, bisa memberikan nilai estetika rumah yang lebih dan bisa membuat penghuninya merasa nyaman menempatinya. Terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mempercantik ekssterior rumah, diantaranya yaitu mengganti atap, mengecat ulang fasad, atau mungkin menambahkan elemen dekoratif seperti pintu dan jendela.

Eksterior rumah seelain dapat menambah nilai estetika, juga berperan penting dalam melindungi bagian dalam rumah dari berbagai cuaca maupun hal-hal yang bisa membuat kerusakan. Atap rumah yang kuat dan tahan angin akan bisa melindungi rumah dari badai, fasad rumah yang kokoh dan tahan terhadap cuaca bisa mencegah terjadinya air hujan masuk ke dalam rumah. Maka dari itulah ketepatan dalam memilih material untuk kontruksi eksterior rumah sangatlah penting untuk memastikan keamanan dan kenyamanan penghuni rumah.

Fungsi Eksterior Rumah

Setelah tahu pengertiannya, selanjutnya membahas tentang apa fungsi eksterior rumah. Adapun beberapa fungsi dari eksterior rumah diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Dapat meningkatkan nilai estetika rumah

Eksterior rumah dengan desain yang menarik dan sesuai gaya arsitektur rumah akan mampu meningkatkan nilai estetika rumah dan membuat rumah menjadi lebih nyaman ditempati.

2. Dapat menciptakan kenyamanan penghuni.

Eksterior rumah yang didesain dan dirancang dengan baik akan mampu menciptakan kenyamanan bagi penghuni rumah.

3. Dapat melindungi bagian dalam rumah dari cuaca

Eksterior rumah yang kokoh dan tahan terhadap cuaca akan mampu melindungi bagian dalam rumah dari berbagai cuaca buruk seperti angin, hujan, dan panas teriknya matahari. Dalam hal ini penting untuk memperhatikan beberapa hal seperti atap yang kuat dan tahan angin, fasad yang kokoh, Jendela dan pintu yang rapat, hingga ssaluran air yang baik.

4. Dapat mencegah air hujan masuk ke dalam rumah

Fasad rumah yang kokoh dan tahan terhadap cuaca akan mampu dalam mencegah air hujan masuk ke dalam rumah. Dalam pembuatan fasad, penting untuk memperhatikan beberapa hal seperti penggunaan material fasad yang tepat, dan memasang flashing pada sambungan fasad untuk mencegah air hujan masuk ke dalam celah. Selain itu, jika ada keretakan fasad segera lakukan perbaiki fasad dengan mortar atau sealant yang tepat. Pasang juga talang air hujan untuk mengalirkan air hujan dari atap ke saluran pembuangan air.

5. Dapat melindungi rumah dari badai

Atap rumah yang kuat dan tahan terhadap angin akan bisa memberikan perlindungan terhadap rumah dari badai. Adapun agar atap kuat dan bisa tahan angin sebaiknya dalam pembuatannya, atap itu menggunakan material yang berkualitas, rangka atap terbuat dari material yang kokoh dan dipasang secara benar. Kemudian, pastikan menggunakan baut dan paku yang berkualitas baik dan dipasang secara benar, bisa juga dengan menambah pemasangan penahan angin.

Itulah penjelasan tentang pengertian eksterior rumah yang telah kami rangkum dari situs rakyatnesia.com. Semoga penjelasan yang telah kami tulis di atas dapat bermanfaat.