Pengertian Wide Area Network (WAN)

Pengertian Wide Area Network (WAN) - Wide Area Network (WAN) adalah/ Wide Area Network (WAN) yaitu/ Wide Area Network (WAN) merupakan/ yang dimaksud Wide Area Network (WAN)/ arti Wide Area Network (WAN)/ definisi Wide Area Network (WAN).
Wide Area Network (WAN) adalah

Pengertian Wide Area Network atau yang disingkat WAN adalah jenis jaringan komputer area luas/besar yang digunakan sebagai jaringan yang menghubungkan antar jaringan lokal (LAN). WAN untuk mentransmisikan data yang bersifat umum/ public, tidak bersifat institiusi/ pribadi. Salah satu contoh jaringan WAN yaitu jaringan komputer antar wilayah, jaringan komputer antar kota atau bahkan jaringan komputer antar Negara.  Wide Area Network juga dapat didefinisikan sebagai jaringan komputer yang memerlukan router serta saluran komunikasi public. Dengan adanya WAN maka pengguna atau komputer di lokasi yang satu bisa berkomunikasi dengan pengguna dan komputer yang berada di lokasi yang lain.
Pada WAN Tidak ada batasan karakteristik user tertentu. tetapi untuk keamanan dan efektivitas pengelolaan dan pelayanan ke user beberapa penyedia informasi/ layanan di jaringan global ini membutuhkan identitas pengguna.
WAN tidak dimiliki oleh suatu institusi. Berbagai institusi dapat mengelola data dan transmisinya secara independen sesuai konten yang dikelolanya. Oleh karena itu WAN juga tidak dikelola oleh satu sistem Admin Jaringan. Tetapi untuk ketertiban, ada organisasi publik/ asosiasi yang mengaturnya bagi kepentingan bersama seperti InterNIC, IEEE, APJII, dan lain-lain.
Berikut ini adalah kelebihan dari sistem jaringan Wide Area Network/ WAN:
- Mempunyai sistem jaringan yang besar/ luas sehingga mampu menjangkau Negara, benua, bahkan seluruh dunia.
- Jika terkoneksi dengan jaringan internet transfer file pada tempat yang jaraknya jauh, bisa di lakukan secara cepat melalui email.
- Komputer dalam suatu wilayah bisa dihubungkan hanya dalam waktu beberapa menit, tanpa harus memerlukan uang yang banyak untuk membayar telepen setiap bulan.
Sedangakan kekurangan dari sistem jaringan WAN yaitu:
- Dalam hal settingan/ pengaturan jaringan WAN lebih sulit dan rumit, selain itu  alat-alat yang diperlukan juga  sangat mahal.
Jarak Jangkauan Jaringan WAN:
Jaringan WAN mempunyai jarak jangkauan yang sangat luas bisa mencapai seluruh wilayah atau bahkan benua. Suatu jaringan WAN bisa menempuh jarak berkisar pada 1000 KM hingga 1000 KM, dengan kecepatan sekitar 1.5 Mbps hingga 2.6 Gbps.
Demikian Informasi tentang Pengertian Wide Area Network semoga dapat bermanfaat.

Artikel Terkait