Pengertian Keanekaragaman gen

Pengertian Keanekaragaman genKeanekaragaman gen adalah/ Keanekaragaman gen yaitu/ Keanekaragaman gen merupakan/ yang dimaksud Keanekaragaman gen/ arti Keanekaragaman gen/ definisi Keanekaragaman gen.
Keanekaragaman gen adalah

Keanekaragaman gen adalah keanekaragaman yang terjadi pada individu yang sejenis  (plasma nutfah) dapat ditunjukkan dengan adanya variasi dalam satu spesies jenis makhluk hidup. Plasma nutfah (gen Pool) adalah jumlah semua macam gen yang terdapat dalam suatu populasi makhluk hidup. Keanekaragaman individu ditentukan oleh susunan perangkat gen, keadaan lingkungan, dan interaksi antara gen dan lingkungannya.
Gen adalah materi genetik yang terdapat di dlaam kromosom makhluk hidup yang mengendalikan sifat/ ciri organism.
Perbedaan gen pada makhluk hidup (variasi gen) pada setiap makhluk hidup menyebabkan sifat yang tidak tampak (sifat genotype) dan sifat yang dapat diamati (sifat fenotipe) pada setiap makhluk hidup menjadi berbeda.
Variasi makhluk hidup dapat terjadi akibat perkawinan sehingga susunan gen keturunanya berbeda dari susunan gen induknya. Selain itu variasi gen dapat terjadi karena interaksi gen dengan lingkungannya.
Demikian penjelasan tentang Pengertian Keanekaragaman gen semoga dapat bermanfaat.

Artikel Terkait