Pengertian Sosialisasi

Pengertian SosialisasiSosialisasi adalah/ Sosialisasi yaitu/ Sosialisasi merupakan/ yang dimaksud Sosialisasi/ arti Sosialisasi/ definisi Sosialisasi.
Sosialisasi yaitu

Sosialisasi yaitu proses belajar yang kompleks yang dilakukan oleh manusia dari lingkungan yang ada disekitarnya. Melalui sosialisasi, manusia sebagai makhluk biologis menjadi manusia yang berbudaya, yang cakap menjalankan fungsinya dengan tepat sebagai individu dan sebagai anggota kelompok. Itu sebabnya, sosialisasi menjadi salah satu faktor pembentuk kepribadian individu.
Tujuan sosialisasi yaitu:
- Menanamkan kepada seseorang nilai-nilai dan kepercayaan pokok yang ada pada masyarakat.
- Memberikan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan seseorang untuk melangsungkan kehidupan di tengah-tengah masyarakat.
- Mengembangkan kemampuan seseorang untuk berkomunikasi secara efektif dan mengembangkan kemampuan untuk membaca, menulis dan bercerita.
- Membantu seseorang mengendalikan fungsi-fungsi organik melalui latihan-latihan mawas diri yang tepat.
Fungsi Sosialisasi yaitu:
- Dilihat dari kepentingan individu bahwa sosialisasi penting untuk dilakukan agar individu bisa mengenal, mengakui dan menyesuaikan diri dengan nilai-nilai, norma-norma dan struktur sosial yang ada di dalam masyarakat.
- Dilihat dari kepentingan masyarakat, bahwa sosialisasi berfungsi sebagai alat pelestarian, penyebarluasan, dan pewarisan nilai-nilai serta norma-norma yang ada dalam masyarakat, supaya tetap ada dan terpelihara oleh seluruh anggota masyarakat.
Cukup sekian informasi mengenai Pengertian Sosialisasi yang dapat saya sampaikan semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Artikel Terkait