Pengertian Pelapukan

Pengertian PelapukanPelapukan adalah/ Pelapukan yaitu/ Pelapukan merupakan/ yang dimaksud Pelapukan/ arti Pelapukan/ definisi Pelapukan.
Pengertian Pelapukan

Pelapukan adalah proses perubahan struktur suatu benda yang tadinya padat dan keras menjadi lunak dan berongga. Proses pelapukan ini berlangsung dalam waktu yang lama. Penyebab terjadinya proses pelapukan ada 3 macam sebagai berikut:
1. Pelapukan fisika atau mekanik.
Pelapukan fisika adalah pelapukan yang terjadi karena adanya tekanan fisik suatu benda yang mengalami pelapukan. Misalnya, batu merupakan benda padat dan keras lama-kelamaan dapat terbelah karena adanya tekanan akr yang menembus ke dalam batu.
2. Pelapukan kimia.
Pelapukan kimia adalah pelapukan yang terjadi karena proses kimiawi. Beberapa zat yang bertindak sebagai agen pelapukan adalah air hujan, oksigen, dan asam. Misalnya, patung pada benda yang terkena hujan asam akan mengalami pelapukan kimia. Air yang bersifat asam dapat melunakkan dan menghancurkan struktur patung tersebut.
3. Pelapukan Biologi.
Pelapukan biologi adalah pelapukan yang disebabkan oleh tumbuhan, hewan dan manusia. Misalnya, pada kayu yang disimpan begitu saja akan cepat mengalami pelapukan karena dijadikan sumber makanan dan tempat hidup bagi rayap. Rayap ini akan memakan kayu tersebut karena membutuhkan selulosa untuk bertahan hidup, sehingga lama-kelamaan kayu akkan keropos.
Demikian apa yang bisa saya jelaskan tentang Pengertian Pelapukan, bisa anda pahami jika penjelasan diatas masih kurang silahkan browsing cari referensi yang lain.

Artikel Terkait