--> Skip to main content
Menu

Pengertian Suhu udara (temperatur)

Pengertian Suhu udara (temperatur)Suhu udara (temperatur) adalah/ Suhu udara (temperatur) yaitu/ Suhu udara (temperatur) merupakan/ yang dimaksud Suhu udara (temperatur)/ arti Suhu udara (temperatur)/ definisi Suhu udara (temperatur).
Suhu udara (temperatur) adalah

Suhu udara (temperatur) adalah keadaan udara ypada waktu dan tempat tertentu. Suhu dipengaruhi oleh beberapa hal berikut ini:
1. Penyinaran matahari, meliputi jarak dan lamanya penyinaran, serta besar kecilnya sudut datangmatahari. Semakin besar intensitas penyinaran matahari, semakin tinggi temperatur udaranya.
2. Tinggi rendahnya permukaan daratan. Semakin tinggi suatu tempat di daratan dari permukaan air laut, semakin rendah temperatur udaranya.
3. Sifat permukaan bumi. Permukaan daratan bersifat lebih cepat menyerap dan melepaskan panas, dibandingkan dengan permukaan laut.
Suhu udara di suatu tempat dapat diketahui dengan menggunakan sebuah alat ukur, yaitu termometer. Naik turunnya temperatur udara dapat dilihat pada angka yang tertera pada tabung kaca termometer. Satuan derajat untuk temperatur udara antara lain Celcius (C), Fahrenheit (F), dan Reamur (R). hasil pengukuran suhu udara diberbagai tempat dapat dipetakan. Garais-garis pada peta yang menghubungkan daerah yang memiliki suhu udara sama disebut isoterm.
Demikian penjelasan tentang Pengertian Suhu udara (temperatur), semoga bermanfaat.