Pengertian Paragraf Deduktif

Pengertian Paragraf DeduktifParagraf Deduktif adalah/ Paragraf Deduktif yaitu/ Paragraf Deduktif merupakan/ yang dimaksud Paragraf Deduktif/ arti Paragraf Deduktif/ definisi Paragraf Deduktif.
Paragraf Deduktif adalah
Dalam pelajaran Bahasa Indonesia kita sering mendapat pelajaran Paragraf Deduktif, namun tahukah kamu apa itu paragraf deduktif dan apa contoh paragraf deduktif. Bagi kamu yang masih bingung tentang paragraf deduktif maka pada kesempatan kali ini akan saya uraikan tentang pengertian paragraf deduktif dan contohnya. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya.
Paragraf Deduktif adalah paragraf yang diawali dengan kalimat utama dan diikuti kalimat penjelas. Jadi paragraf ini dikembangkan dari materi yang mempunyai cakupan umum, kemudian diikuti kalimat-kalimat yang mempunyai cakupan khusus.
Contoh
Tugas pemerintah Indonesia memang berat. Saat ini pemerintah mendirikan rumah sakit dimana-mana, baik di desa maupun di kota. Tentu saja diperlukan dana yang cukup banyak. Dalam hal ekonomi, Indonesia  telihat jatuh terpuruk karena masih mempunyai hutang luar negeri yang cukup besar. Dalam bidang pendidikan, pemerintah mengupayakan kualitas sehingga kurikulum berubah-ubah . Selain itu dalam bidang-bidang yang lainnya juga perlu penanganan yang serius.
Paragraf tersebut mempunyai gagasan utama yang dituangkan apda kalimat utamanya, yaitu Tugas pemerintah Indonesia memang beratn. Paragaraf ini disebut paragraf deduktf. Baca juga penjelasan tentang pengertian paragraf Induktif.
Itulah penjelasan yang dapat saya berikan tentang pengertian Paragraf Deduktif, semoga mudah dipelajari.

Artikel Terkait