Pengertian Karbon monoksida

Pengertian Karbon monoksidaKarbon monoksida adalah/ Karbon monoksida yaitu/ Karbon monoksida merupakan/ yang dimaksud Karbon monoksida/ arti Karbon monoksida/ definisi Karbon monoksida.
Pengertian Karbon monoksida

Karbon monoksida adalah gas yang tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berasa. Secara alami gas CO yang dihasilkan dan masuk atmosfer lebih sedikit dibanding dengan yang dihasilkan manusia. Dari kegiatan manusia, CO diproduksi dari proses pembakaran yang tidak sempurna dari bahan yang mengandung karbon. Reaksi-reaksi yang menghasilkan gas karbon monoksida antara lain sebagai berikut.
a. Reaksi pembakaran tidak sempurna dari bahan bakar atau senyawa-senyawa karbon lainnya.
2C + O2 +2CO
b. Reaksi antara gas karbon dioksida dengan karbon yang terjadi pada tanur pembakar.
2CO2 + C + 2CO
c. Reaksi penguraian gas karbon dioksida pada suhu tinggi.
2CO2 + 2CO + O2
Di atmosfer, gas karbon monoksida (CO) ditemukan dalam jumlah sedikit, yaitu sekitar 0,1 ppm. Namun, di daerah perkotaan dengan lalu lintas yang padat, konsentrasi gas CO dapat mencapai 10-15 ppm. Gas CO yang tertiup dapat bereaksi dengan hemoglobin pada sel darah merah sehingga menghalangi pengangkutan oksigen yang sangat dibutuhkan tubuh. Hal ini disebabkan hemoglobin lebih mudah mengikat CO bila dibanding O2. Reaksi antara CO dan hemoglobin menghasilkan karboksihemoglobin (COHb). Akibatnya, fungsi Hb sebagai alat pengangkut oksigen terganggu sehingga tubuh kekurangan oksigen. Efek yang ditimbulkan, di antaranya adalah pusing, sakit kepala, rasa mual, ketidaksadaran (pingsan), kerusakan otak, dan kematian.
Itulah yang dimaksud karbon monoksida, sekarang anda sudah tahu kan apa yang dimasud karbon monoksida itu.

Artikel Terkait