Pengertian Bioma Taiga

Pengertian Bioma TaigaBioma Taiga adalah/ Bioma Taiga yaitu/ Bioma Taiga merupakan/ yang dimaksud Bioma Taiga/ arti Bioma Taiga/ definisi Bioma Taiga.
yang dimaksud Bioma Taiga

Bioma Taiga adalah suatu daerah yang ditumbuhi oleh hutan yang memiliki daun seperti jarum atau sisik. Bioma ini terdapat di wilayah utara hutan gugur subtropis dan pegunungan tropis. Ciri-ciri bioma taiga adalah sebagai berikut.
- Curah hujan sekitar 35 cm per tahun.
- Bioma ini biasanya hanya terdiri dari satu spesies pohon, yaitu tumbuhan konifer yang mampu bertahan terhadap suhu yang dingin. Ciri tumbuhan kofier antara lain daunnya berbentuk jarum dan bersemi sepanjang tahun. Contohnya pinus merkusii.
- Masa pertumbuhan flora pada musim panas antara 3-6 bulan.
- Suhu pada musim dingin sangat rendah dan mengalami musim dingin yang panjang.
- Pada musim dingn lantai hutan tertutup es akibat turunnya salju. Suhu yang dingin di hutan menyebabkan penguapan air menjadi sangat jarang sehingga lingkungan menjadi sangat lembab.
- Vegetasinya Spire (Picca), Alder (alaus), Birch (Berula), dan junipce (Juniperus).
- Hewannya antara lain moose, beruang hitam, serigala, dan burung-burung yang bermigrasi ke daerah tropis bila musim dingin tiba.
Contoh bioma taiga yaitu terdapat di Amerika Utara dan dataran tinggi di berbagai wilayah. Lihat juga penjelasan kami tentang Pengertian Bioma Hutan Gugur.

Artikel Terkait