Pengertian Konsumen

Pengertian KonsumenKonsumen adalah/ Konsumen yaitu/ Konsumen merupakan/ yang dimaksud Konsumen/ arti Konsumen/ definisi Konsumen.
Konsumen adalah

Konsumen merupakan makhluk hidup yang berperan sebagai pemakan bahan organik atau energi yang dihasilkan oleh produsen yang bertujuan untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Singkatnya, konsumen adalah pemakan. Manusia, hewan, dan tumbuhan tak berklorofil merupakan konsumen karena tidak dapat mengubah bahan anorganik menjadi bahan organik sehingga manusia, hewan, dan tumbuhan tak berklorofil disebut konsumen. Dengan demikian, kehidupan konsumen sangat bergantung pada produsen.
Berdasarkan jenis makanan yang dikonsumsinya, konsumen dibedakan menjadi 3 (tiga) macam sebagai berikut.
- Herbivora, yaitu organisme pemakan tumbuhan. Contohnya kerbau, sapi, kambing, kelinci, dan zebra.
- Karnivora, yaitu organisme pemakan hewan (daging). Misalnya singa, serigala, harimau, kucing, dan elang.
- Omnivora, yaitu organisme pemakan segala jenis makanan, baik tumbuhan maupun hewan. Contoh omnivora adalah ayam, itik,  dan manusia.
Berdasarkan tingkatan memakannya, konsumen dapat dibagi menjadi beberapa tingkatan berikut.
- Konsumen tingkat pertama (konsumen primer), yaitu konsumen yang memakan tumbuhan secara langsung, misalnya hewan pemakan tumbuhan (herbivora) seperti zooplankton, ulat, belalang, tikus, sapi, kerbau, kambing dan kuda.
- Konsumen tingkat kedua (konsumen sekunder), yaitu konsumen yang memakan konsumen tingkat pertama, misalnya burung pemakan ulat dan ular pemakan tikus. Konsep sekunder biasanya adalah hewan pemakan daging (karnivora).
- Konsumen tingkat ketiga (konsumen tersier), yaitu konsumen yang memakan konsumen tingkat kedua, misalnya burung elang memakan ular atau burung alap-alap pemakan burung pemakan ulat.
Itulah beberapa penjelasan yang dapat kami bagikan tentang apa yang dimaksud konsumen dalam pelajaran IPA, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait