Pengertian Simbiosis parasitisme

Pengertian Simbiosis parasitismeSimbiosis parasitisme adalah/ Simbiosis parasitisme yaitu/ Simbiosis parasitisme merupakan/ yang dimaksud Simbiosis parasitisme/ arti Simbiosis parasitisme/ definisi Simbiosis parasitisme.
Simbiosis parasitisme adalah

Simbiosis parasitisme adalah hidup bersama antara dua makhluk hidup berbeda jenis, tetapi satu makhluk hidup diuntungkan dan satu makhluk hidup dirugikan. Makhluk hidup yang diuntungkan disebut parasit dan makhluk hidup yang dirugikan disebut inang. Parasit yang hidup di luar tuguh inang disebut ektroparasit, sedangkan parasit yang hidup di dalam tubuh inang disebut endoparasit. Contoh sibiosis parasitisme sebagai berikut.
-Simbiosis atara cacing pita dan tubuh manusia. Cacing pita hidup secara endoparasit di dalam usus manusia. Manusia dirugikan karena cacing pita mengisap darah dan sari makanan yang dibutuhkan manusia sehingga manusia menjadi kurus dan pucat karena kekurangan darah dan sari makanan. Cacing pita diuntungkan karena mendapat makanan untuk kelangsungan hidupnya.
- Simbiosis antara jamur dan tubuh manusia. Jamur, misalnya jamur panu, hidupnya menempel pada kulit manusia. Jamur diuntungkan karena dapat makanan dari tubuh manusia. Manusia dirugikan karena selain merasakan gatal, manusia juga kehilangan zat makanan yang diambil oleh jamur.
- Simbiosis atara kutu kepala dan tubuh manusia. Kutu kepala hidup secara ektoparasit di kepala manusia. Kutu diuntungkan karena mendapat makanan atau mengisap darah manusia. Manusia dirugikan karena kehilangan darah dan rasa gatal yang ditimbulkan karena gigitan kutu tersebut.
- Simbiosis antara benalu dan tanaman inang. Benalu diuntungkan karena mendapat makanan dengan mengisap sari makanan dari tubuh tanaman inang, sedangkan tanaman inang dirugikan karena kehilangan sari makanan yang diambil oleh benalu.
Demikian penjelasan yang dapat saya bagikan kepada anda tentang Pengertian Simbiosis Parasitisme, semgoga penjelasan tersebut dapat bermanfaat.

Artikel Terkait