Pengertian Frasa

Pengertian FrasaFrasa adalah/ Frasa yaitu/ Frasa merupakan/ yang dimaksud Frasa/ arti Frasa/ definisi Frasa.
Pengertian Frasa

Frasa adalah gabungan kata nonpredikatif. Nonpredikatif berarti gabungan kata tersebut berada dalam satu fungsi kalimat, misalnya subjek saja atau predikat saja.
Perhatikan contoh berikut.
1. Rangga sutradara hebat.
2. Rangga sutradara
Contoh kalimat 1 terdiri atas subjek dan predikat. Kata Rangga berfungsi subjek, sedangkan frasa sutradara hebat berfungsi predikat. Sebagai gabungan kata, frasa sutradara hebat berada dalam satu fungsi, yaitu predikat. Kata hebat tidak berfungsi sebagai objek. Dengan kata lain, frasa sutradara hebat bersifat nonpredikatif.
Sementara itu, contoh 2 terdiri dari subjek dan predikat. Kata Rangga berfungsi subjek, sedangkan kata sutradara berfungsi predikat. Contoh 2 termasuk gabungan kata, tetapi bukan frasa karena bersifat prediktif. Dengan kata lain, kata Rangga dan kata sutradara berada dalam fungsi berbeda, yaitu subjek dan predikat.
Salah satu jenis frasa adalah frasa nominal. Frasa nominal adalah gabungan kata nonprediktif yang dibentuk memperluas kata benda.
Perhatikan contoh berikut.
Suami istri
Frasa tersebut terdiri atas dua kata, yaitu suami dan istri. Kata suami sebagai unsur pusat, sedangkan kata istri sebagai unsur atribut.
Mengapa kata suami tidak berposisi sebagai atribut? Pada umumnya struktur frasa bahasa Indonesia menggunakan sistem diterangkan menerangkan (DM). Bagian yang diterangkan terletak di depan, sedangkan bagian yang menerangkan terletak di belakang. Jadi kata istri merupakan perluasan sekaligus menerangkan kata suami.
Itulah yang dimaksud frasa, semoga apa yang kami sampaikan bisa membantu anda, sekian dulu dari kamii terimakasih atas perhatiannya.

Artikel Terkait