Pengertian Kata baku

Pengertian Kata Baku -  Bahasa merupakan salah satu alat yang digunakan untuk komunikasi setiap manusia  di seluruh dunia. Dalam berbahasa tentunya  ada yang namanya kata baku. Tahukah kamu apa itu kata baku? Mungkin diantara kalian sudah sering mendengar istilah kata baku ketika belajar bahasa indonesia di sekolah. Untuk kalian yang belum tahu apa yang dimaksud kata baku bisa membaca penjelasan artikel berikut ini.
Pengertian Kata baku

Pengertian kata baku

Kata baku adalah kata standar berdasarkan kaidah kebahasaan. Kaidah kebahasaan tersebut terdapat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Ejaan yang Disempurnakan, dan Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Kamus Besar Bahasa Indonesia berisi daftar kata baku bahasa Indonesia. Ejaan yang Disempurnakan berisi aturan pemakian kata baku. Sementara itu, Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia berisi klasifikasi kata hingga menjadi kalmimat dan wacana.

Atau dengan kata lain pengertian kata baku yaitu kata yang digunakan dan sudah sesuai dengan kaidah atau pedoman bahasa yang sudah ditetapkan. Kata baku merupakan kata yang sudah benar dari segi aturan ataupun ejaan kaidah bahasa Indonesia. Sumber utama bahasa baku yaitu dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Umumnya kata baku sering dipakai dalam kalimat yang resmi, baik itu dalam bentuk tulisan atau dalam pengucapan kata.

Kata-kata baku ialah kata yang dipakai sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang telah ditentukan sebelumnya dan suatu kata dapat disebut dengan kata tidak baku apabila kata yang dipakai tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia. Ketidak sesuaian suatu kata tidak hanya ditimbulkan dari salah penulisannya saja, namun dapat juga disebabkan dari pengucapan yang keliru dan perangkaian suatu kalimat yang salah. Uumnya kata tidak baku selalu digunakan dalam percakapan kita sehari-hari.

Penggunaan kata baku terjadi pada situasi formal, misalnya sidang kenegaraan. Kata baku tersebut berubah menjadi kata tidak baku ketika digunakan dalam situasi tidak formal, misalnya percakapan sehari-hari. Oleh karena itu, penggunaan kata baku dan tidak baku bergantung pada situasi pemakaiannya. Meskipun demikian, banyak penutur tidak dapat membedakan antara kata baku dan kata tidak baku. Akibatnya, banyak kata tidak baku digunakan dalam situasi formal.

Pengertian kata baku menurut para ahli

Pengertian Kata baku menurut Kosasih dan Hermawan, 2012: 83
Kata baku ialah kata yang cara penulisan ataupun pengucapannya sesuai dengan kaidah-kaidah yang telah dibakukan. Kaidah standar yang dimaksud tersebut yaitu berupa pedoman ejaan EYD, tata bahasa baku dan kamus umum.

Pengertian kata baku menurut Mulyono, 2011: 5
Bahasa baku adalah ragam bahasa yang dipakai dalam komunikasi mengenai ilmu pengetahuan. Berdasarkan sudut pandang pengguna bahasa, ragam bahasa baku bisa dibatasi dengan ragam bahasa yang lazim dipakai oleh penutur yang paling berpengaruh misalnya pemerintah, ilmuan, tokoh masyarakat dan wartawan atau kaum jurnalis.

Pengertian kata baku menurut Chaer, 2011: 131
Kata baku adalah kata-kata yang lazim digunakan pada situasi yang resmi atau formal. Penulisan kata baku sesuai dengan kaidah-kaidah yang talah dibakukan. Kaidah standar tersebut yaitu pedoman EYD. Kriteria kata baku atau tidak sebuah kata bisa dilihat dari segi ejaan, lafal, gramatika dan kenasionalannya.

Kata baku digunakan dalam

Kata baku umumnya sering digunakan pada saat:
  • Saat rapat dinas atau berpidato.
  • Saaat berdiskusi atau musyawarah.
  • Surat menyurat antar organisasi, lembaga atau instansi.
  • Membuat nota dinas.
  • Membuat laporan.
  • Membuat surat edaran, surat dinas dan surat resmi lainnya.
  • Membuat surat lamaran pekerjaan.
  • Membuat karya ilmiah.

Contoh kata baku adalah

Contoh kata baku, misalnya yaitu: teknik, objek, bus, biosfer, foto, karena, nasehat, efektif, apotek, pasif, aktif, dan lain-lain.  Contoh kalimat baku: Pada hari ini saya akan keluar kota.

Demikianlah apa yang bisa kami ungkapkan tentang Pengertian kata baku. Semoga penjelasan yang ada di blog temukan pengertian ini bisa memberikan manfaat.

Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru