Pengertian Konjungsi antarkalimat

Pengertian Konjungsi antarkalimatKonjungsi antarkalimat adalah/ Konjungsi antarkalimat yaitu/ Konjungsi antarkalimat merupakan/ yang dimaksud Konjungsi antarkalimat/ arti Konjungsi antarkalimat/ definisi Konjungsi antarkalimat.
Konjungsi antarkalimat yaitu

Konjungsi antarkalimat yaitu konjungsi yang menghubungkan satu kalimat dengan kalimat yang lain. Oleh karena itu, konjungsi ini selalu melalui satu kalimat yang baru dan huruf pertamanya ditulis dengna huruf kapital. Berikut macam-macam kata penghubung antarkalimat dan maknanya.
- biarpun demikian/beitu, sekalipun demikan/begitu, sungguhpun demikian/begitu, walaupun demikian/begitu, meskipun demikian/begitu (menyatakan ‘kesediaan untuk melakukan sesuatu’).
- kemudian, sesudah itu, setelah itu, selanjutnya, tambahan pula, lagi pula, selain itu, (menyatakan ‘adanya hal, peristiwa, atau keadaan lain di luar hal yang telah dinyatakan sebelumnya’).
- sebaiknya (menyatakan ‘kebalikan dari pernyataan sebelumnya’).
- sesungguhnya, bahwasanya (menyatakan ‘keadaan yang sebenarnya’).
- malahan, bahkan (menyatakan ‘menguatkan keadaan yang dinyatakan sebelumnya’).
- akan tetapi, namun, kecuali itu (menyatakan ‘pertentangan dengan keadaan sebelumnya’).
- dengan demikian (menyatakan ‘konsekuensi’).
- oleh karena itu, oleh sebab itu (menyatakan ‘akibat’)
- sebelum itu (menyatakan ‘kejadian yang mendahului hal yang dinyatakan sebelumnya’)
Itulah penjelasan tentang apa yang dimaksud konjungsi antarkalimat, semoga dapat bermanfaat. Lihat juga artikel saya tentang Pengertian konjungsi antarparagraf.

Artikel Terkait