Pengertian Latar

Pengertian Latar - Ketika kita mempelajari sebuah prosa fiksi, tentunya kita mengenal yang namanya unsur intrinsik. Unsur intrinsik sendiri itu terdiri atas tema, alur, penokohan, latar, amanat, sudut pandang dan gaya bahasa. Nah dalam pemmbahasan kali ini kami akan mengulas tentang apa itu latar? Apa saja macam-macam latar dan apa fungsi dari latar. Untuk anda yang belum mengetahuinya silahkan anda perhatikan ulasan yang kami bahas dalam artikel ini.
latar yaitu

Pengertian Latar

Latar adalah keterangan tentang tempat, waktu dan suasana terjadinya suatu peristiwa dalam sebuah karya sastra. Atau definisi latar yaitu unsur intrinsik dalam sebuah karya sastra yang teridiri dari ruang, waktu dan suasana yang terjadi pada suatu peristiwa dalam cerita karya sastra.

Dapat juga diartikan pengertian latar adalah semua petunjuk, keterangan pengaluran yang berkaitan dengan ruang, waktu dan suasana. Diantaranya latar meliputi penggambaran tentang letak geografis, lingkungan agama, musim, waktu berlakunya peristiwa, kesibukan si tokoh, intelektual sosial, moral dan emosional si tokoh.

Pengertian Latar Menurut Para Ahli

Selain pengertian latar secara umum yang telah kami jelaskan di atas, ada juga pengertian latar menurut beberapa ahli, berikut ini adalah pengertian latar menurut ahli.

Pengertian Latar Menurut Abrams (1981: 175)
Latar adalah tempat, hubungan waktu, dan lingkungan sosial tempat terjadinya peristiwa-peristiwa yang diceritakan. Latar dalam cerita dapat diklasifikasikan menjadi latar tempat, latar waktu, dan latar sosial.

Pengertian Latar Menurut KBBI (2001: 501)
Latar adalah keterangan tentang waktu, ruang dan suasana terjadinya lakuan dalam sebuah karya sastra.

Pengertian Latar Menurut Suparmin (2009: 54)
Latar cerita atau setting adalah suatu keadaan yang melingkupi pelaku pada sebuah cerita.

Pengertian Latar Menurut Kusnadi Dkk (2009: 60)
Latar tempat ataupun latar waktu dalam sebuah karya sastra akan mempengaruhi inti cerita dan pengambilan nilai-nilai yang akan diungkapkan si pengarang.

Pengertian Latar Menurut Indrawati (2009: 64)
Latar atau setting adalah tempat, waktu serta suasana yang digunakan dalam sebuah cerita.

Macam macam Latar

Jenis-jenis latar atau macam-macam latar diantaranya adalah sebagai berikut ini:
  • Latar tempat adalah latar yang merupakan loakasi tempat terjadinya peristiwa dalam cerita, baik nama kota, jalan, gunung, maupun rumah. Contoh latar tempat adalah: di ruang angkasa, di sebuah pesawat, di sekolah, di dalam hutan, di lautan, di sebuah gedung, di dalam bangunan tua dan lain-lain.
  • Latar waktu adalah latar yang berhubungan dengan saat terjadinya peristiwa dalam cerita, baik berupa penanggalan penyebutan peristiwa sejarah, penggambaran situasi malam, pagi siang, maupun sore. Contoh latar waktu adalah di pagi hari, di siang hari, di sore hari, di zaman dulu, di waktu itu, dan lain-lain.
  • Latar suasana adalah latar yang berkaitan dengan situasi atau keadaan saat terjadinya peristiwa dalam cerita. Contoh latar suasana yaitu saat gembira, saat galau, saat lelah dan lain-lain.
  • Latar alat adalah peralatan apa saja yang dipakai atau diperlukan si tokoh dalam sebuah cerita. Contoh latar alat adalah: Buku, penggaris, pensil, penghapus, dan lain-lain.

Fungsi Latar

Fungsi latar adalah untuk memberikan sebuah gambaran yang jelas, agar peristiwa atau kejadian yang terjadi dalam sebuah karya sastra memberikan informasi yang jelas tentang situasi dalam sebuah cerita.

Itulah penjelasan dari kami tentan Pengertian Latar. Semoga apa yang dimaksud latar, tersebut mudah kalian pahami.

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru

Artikel Terkait