Pengertian Polimer kondensasi

Pengertian Polimer kondensasiPolimer kondensasi adalah/ Polimer kondensasi yaitu/ Polimer kondensasi merupakan/ yang dimaksud Polimer kondensasi/ arti Polimer kondensasi/ definisi Polimer kondensasi.
Pengertian Polimer kondensasi

Polimer kondensasi adalah terjadinya reaksi antara gugus fungsi pada monomer yang sama atau monomer yang berbeda. Dalam polimerisasi kondensasi kadang-kadang disertai dengan terbentuknya molekul kecil seperti H2O, NH3, atau HCl..
Di dalam reaksi polimerisasi kondensasi, monomer-monomer bereaksi secara adisi untuk membentuk rantai. Namun demikian, setiap ikatan baru yang dibentuk akan bersamaan dengan dihasilkannya suatu molekul kecil (biasanya air) dari atom-ataom monomer. Pada reaksi semacam ini, tiap monomer harus mempunyai dua gugus fungsional sehingga dapat menambahkan pada tiap ujung ke unit lainnya dari rantai tersebut.
Dalam polimerisasi kondensasi, suatu atom hidrogen dari satu ujung monomer bergabung dengan gugus –OH dari ujung monomer yang lainnya untuk membentuk air.
Kondensasi terhadap dua monomer yang berbeda yaitu 1,6-diamino heksana dan asam adipat yang umum digunakan untuk membuat jenis nilon. Nilon diberi nama menurut jumlah atom karbon pada setiap unit monomer.
Contoh lain dari reaksi polimerisasi kondensasi adalah bakelit yang bersifat keras dan dakron, yang digunakan sebagai serat pakaian dan karpet, pendukung pada tape audio dan tape video, serta kantong plastik.

Artikel Terkait