Pengertian Surat edaran

Pengertian Surat edaranSurat edaran adalah/ Surat edaran yaitu/ Surat edaran merupakan/ yang dimaksud Surat edaran/ arti Surat edaran/ definisi Surat edaran.
Surat edaran yaitu

Surat edaran adalah surat pemberitahuan tertulis yang ditujukan kepada pejabat/ pegawai. Surat edaran ini berisi penjelasan mengenai sesuatu hal, misalnya kebijakan pimpinan, petunjuk mengenai tata cara pelaksanaan, atau suatu peraturan perundang-undangan. Surat edaran dipakai oleh instansi swasta maupun pemerintah. Surat edaran biasanya dikirim oleh instansi atau subjek surat yang kedudukannya lebih tinggi daripada objek surat.
Ditinjau dari isinya, surat edaran dapat berupa anjuran, larangan, pemberitahuan, petunjuk, dan pengumuman. Surat ini biasanya dapat digunakan untuk dasar pembuatan kebijakan tertentu.
Surat edaran terddiri atas beberapa bagian. Bagian-bagian surat edaran yaitu:
- Kepala surat edaran, berisi nama dan alamat instansi yang bersangkutan, petunjuk surat edaran, nomor, dan perihal surat edaran.
- Isi surat edaran (bagian pembukaan, isi dan penutup).
- Kaki surat edaran, berisi tanggal dibuatnya surat edaran, bagian yang mengeluarkan surat edaran, nomor induk pegawai, stempel, serta tembusan surat tersebut.
Sekian dulu penjelasan dari saya tentang Pengertian surat edaran, semoga bisa menjadi referensi anda. Baca juga yang saya jelaskan tentang Pengertian surat dinas.

Artikel Terkait