Pengertian 4G

Pengertian 4G4G adalah/ 4G yaitu/ 4G merupakan/ yang dimaksud 4G/ arti 4G/ definisi 4G.
Pengertian 4G

4G adalah singkatan dari istilah dalam bahasa Inggris fourth-generatiaon technology. Istilah ini umumnya digunakan mengacu kepada standar generasi keempat dari teknologi telepon seluler. Sistem 4G menyediakan jaringan pita ultra lebar untuk berbagai perlengkapan elektronik, contohnya telepon pintar dan laptop yang menggunakan modem USB. 4G merupakan pengembangan dari teknologi 3G. Nama resmi dari teknoogi 4G menurut IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) adalah "3G and beyond". Terdapat dua kandidat standar untuk 4G yang dikomersilkan di dunia, yaitu standar WiMAX (Korea Selatan sejak 2006) dan standar Long Team Evolution (LTE) (Swedia sejak 2009).
WiMAX pertama kali diluncurkan oleh PT. FirstMedia di Indonesia dengan merek dagang Sitra WiMaX pada Juni 2010. Sedangkan teknologi LTE pertama kali diluncurkan oleh PT. Internux dengan merek Bolt Super 4G LTE pada 14 November 2013. Salah satu ciri khas teknologi 4G adalah seluruh jaringan sudah berbasis IP. Teknologi yang dipakai adalah teknologi Internet telepon yang menggunakan Session Initiation Protocol (SIP). Namun, teknologi 4G kini belum bisa didefinisikan secara jelas karena sampai sekarang belum ada standarisasi untuk 4G yang telah disepakati oleh para pihak yang berkompeten di bidang teknologi dan komunikasi tanpa kabel ini.
Selain berbasis IP, teknologi 4G juga memiliki ciri khas di mana dapat berfungsi dengan baik dalam kendaraan dengan kecepatan 150 Km/jam yang mempu mencangkup kecepatan transfer data mencapai 54 Mbps pada saat melakukan komunikasi. Padahal, di atas kertas kecepatan 4G sesungguhnya dapat mencapai 100 Mbps di lingkungan luar rumah (bergerak) dan 1 Gbps pada kondisi tidak bergerak (stasioner).
Tidak hanya itu, kapasitas dapta yang melalui jaringan 4G akan jauh lebih besar daripada jaringan 3G. Sehingga pengunduhan data yang mencapai puluhan, bahkan ratusan MB akan mudah dicapai dalam waktu yang singkat. Sebagai contoh, dengna ponsel 3G kita baru dapat mengunduh klip video dan klip musik yang berdurasi tidak begitu panjang. Sedangkan dengan 4G yang akan berbasis jaringan IP sepenuhnya, kita tidak hanya dapat mengunduh satu film utuh ke dalam satu ponsel 4G ketika sedang bergerak, namun kita juga dapat menyaksikan tayangan gambar televisi yang berkualitas tinggi (high definition TV content) dan menyaksikan lawan bicara kita yang terlihat jelas dan mulus geraknya, tidak tersendat-sendat seperti sekarang dengan koneksi jaringan 3G melalui video call. Oleh karena itu, trafik multimedia akan dominan pada penggunaan teknologi 4G di masa mendatang. Browsing Internet tanpa kabel akan lebih cepat dan makin menyenangkan tanpa terganggu dengan waktu tunda (delay time), karena masalah kongesti pada lalu lintas data jaringan telah teratasi oleh koneksi jaringan 4G.
Itulah penjelasan yang dapat kami jelaskan tentang apa yang dimaksud 4G. Semoga dapat memberikan manfaaat.

Artikel Terkait