Pengertian E-mail berbasis SMTP/POP

Pengertian E-mail berbasis SMTP/POPE-mail berbasis SMTP/POP adalah/ E-mail berbasis SMTP/POP yaitu/ E-mail berbasis SMTP/POP merupakan/ yang dimaksud E-mail berbasis SMTP/POP/ arti E-mail berbasis SMTP/POP/ definisi E-mail berbasis SMTP/POP.
Pengertian E-mail berbasis SMTP/POP

E-mail berbasis SMTP/POP adalah e-mail yang menggunakan server SMTP/POP (Simple Mail Transfer Protocol/Post Office Protocol), yaitu komputer server yang dapat mengirimkan e-mail dari pengguna ke alamat e-mail yang dituju atau sebalinya. Agar dapat menggunakan fasilitas e-mail pada server SMTP/ POP, maka pemakai harus mempunyai akun di server SMTP/POP. Selain itu, pemakai juga harus menggunakan software e-mail client untuk membaca dan mengirim e-mail dari dan ke server SMTP/POP. Apabila server telah menyediakan layanan talnet, maka pengguna dapat masuk ke mesin server, kemudian menjalankan software e-mail client. Terdapat beberapa software e-mail client yang dapat dipilih pada Windows, di antaranya MS. Outlook, Eudora, Outlook Express, dan Mozilla Thunderbird.
Pada server SMTP/POP, semua e-mail yang dikirim ke pengguna dan telah memiliki akun di server akan disimpan dalam sebuah direktori. Kemudian saat pengguna menghubungi server, semua e-mail yang ditujukan kepadanya akan dikirim ke komputer. Sebalinya, saat pengguna ingin mengirim e-mail ke suatu alamat e-mail, maka e-mail tersebut akan dikirim ke server SMTP/POP dan selanjutnya diteruskan ke alamat yang dituju. Agar dapat menggunakan software e-mail client, pengguna harus melakukan pengaturan beberapa informasi, seperti (alamat IP) server SMTP/POP, nama pengguna (username/user ID), dan paswordd server e-mail.
Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan tentang Pengertian E-mail berbasis SMTP/POP, semoga dapat bermanfaat.

Artikel Terkait