Pengertian Email berbasis web

Pengertian Email berbasis web - Email berbasis web merupakan sebuah layanan email yang ditawarkan oleh website-website penyedia jasa email seperti gmail, yahoo, hotmail lovemail, bolehmail, plasa.com dan yang lainnya. Biasanya layanan email jenis ini diberikan secara gratis oleh website yang bersangkutan. Inilah yang menjadi kelebihan email berbasis web. Selain itu kita bisa mengecek email darimana saja. Sedangkan kekurangan dari email jenis ini yaitu kita dapat membaca email hanya ketika kita online, sehingga untuk membaca email memerlukan sebuah koneksi internet. Meskipun begitu, beberapa website penyedia jasa layanan email juga disertian dengna fasilitas Post Office Protocol 3 (POP3). Lalu apa yang dimaksud Email berbasis web itu? Untuk anda yang masih belum tahu tentang apa itu email berbasis web, maka bisa membaca definisi email berbasis web yang terdapat dalam penjelasan berikut ini.
Pengertian Email berbasis web

Pengertian Email berbasis web

Email berbasis web berbeda dengan email berbasis POP. Pada email berbasis web, pengguna tidak perlu memiliki akun POP pada server SMTP/POP karena akses email dilakukan melalui web-mail dengan menggunakan browser. Saat mengakses Internet, kita dapat menggunakan situs yang menyediakan layanan email (web-mail) gratis. Beberapa contoh situs yang menyediakan layanan email gratis di antaranya Yahoo (www.yahoo.com), Hotmail (www.hotmail.com), Gmail (www.gmail.com), Walla (www.walla.com, dan Bluebottle (www.bluebottle.com).

Selain situs email yang menyediakan layanan gratis, juga terdapat email yang berlangganan ISP (Internet Server Provider), di antaranya www.indo.net.id, www.wasantara.net.id, dan sebagainya. Namun, biasanya email dari ISP merupakan email berbasis SMTP/POP.

Demikian penjelasan yang bisa kami berikan tentang apa yang dimaksud Email berbasis web. Semoga penjelasan mengenai Pengertian Email berbasis web di blog temukan pengertian ini dapat memberikan manfaat.

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru

Artikel Terkait