--> Skip to main content
Menu

Pengertian Earning Power of Total Investment

Pengertian earning power of total investment - Rasio profitabilitas merupakan rasio yang dipakai untuk mengukur seberapa besar kemampuan perusahaan dalam mendapatkan keuntungan atau laba, rasio profitabilitas mewujudkan perbandingan antara laba dengan aktiva atau modal yang dapat menghasilkan laba. Nah Salah satu yang termasuk dalam rasio profitabilitas yaitu “earning power of total investment”. Tahukah kamu apa itu earning power of total investment? Di antara kamu mungkin ada yang belum tahu tentang apa yang dimaksud earning power of total investment. Maka dari itulah pada kesempatan kali ini kami akan memberikan penjelasan tentang pengertian rasio earning power of total investment. Tak hanya pengertiannya saja, di sini juga kami sertakan bagaimana cara menghitung earning power of total investment, dan juga contoh soal earning power of total investment. Oke, langsung saja silahkan kamu simak penjelasannya sebagai berikut ini.
Pengertian Earning Power of Total Investment

Pengertian Earning Power of Total Investment

Earning power of total investment adalah rasio yang dipergunakan untuk mengukur kemampuan dari modal yang diinvestasikan dalam keseluruhan aktiva untuk menghasilkan keuntungan netto bagi seluruh investor (pemegang saham + obligasi ).
Kembali ke Menu Pembahasan ↑


Cara Menghitung Earning Power of Total Investment

Untuk menghitung Earning Power of Total Investment, dapat menggunakan sebuah rumus. Berikut ini adalah rumus earning power of total investment:
Earning Power of Total Investment = Laba sebelum pajak (EBIT) : total aktiva (Total Aset)
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Contoh Soal Earning Power of Total Investment

Diketahui laba sebelum pajak sebuah perusahaan xyzx adalah $ 6.750.000 dan perusahaan xyzx tersebut mempunyai total aset sebesar $ 13.150.000. Maka berapakah besarnya Earning Power of Total Investment?

Diketahui:
Laba Sebelum Pajak (EBIT) = $ 6.750.000
Total aset (Total Aktiva)= $ 13.150.000

Ditanya:
Earning Power of Total Investment…?

Jawab:
Earning Power of Total Investment = EBIT : Total Aset x 100%
Earning Power of Total Investment = $ 6.750.000 : $ 13.150.000 x 100%
Earning Power of Total Investment = 51,3%

Keterangan:
  • Menunjukkan kemampuan manajemen dalam pengelolaan modal perusahaan yang diinvestasikan dalam keseluruhan aktiva untuk dapat menghasilkan keuntungan bagi seluruh investor (pemegang saham dan obligasi.
  • Setiap satu dolar modal dapat menghasilkan keuntungan $ 0,513 untuk investor.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Itulah yang bisa kami jelaskan tentang pengertian earning power of total investment. Semoga penjelasan yang kami tuliskan dalam blog temukan pengertian tersebut dapat memberikan manfaat.