--> Skip to main content
Menu

Pengertian Post Office Protocol

Pengertian Post Office Protocol - Dalam dunia internet dan komputer terutama dalam hal mailbox ada istilah yang namanya Post Office Protokol. Post Office Protokol ini sering dikenal dengan POP3 karena saat ini sudah versi 3. Tetapi tahukah kamu apa yang dimaksud Post Office Protokol itu? Bagi kalian yang belum tahu apa itu PostOffice Protokol, maka kalian bisa menyemak uraian singkat tentang definisi Post Office Protokol atau arti post office protocol yang kami berikan dalam artikel ini.

Pengertian Post Office Protocol

Pengertian Post Office Protocol

Pengertian pop (post office protocol) merupakan protokol yang digunakan untuk mengambil pesan dari Mailbox pada komputer server dan menyimpannya pada komputer lokal pengguna POP3. Server POP menggunakan port 110 pada TCP/IP. POP saat ini sudah memasuki versi 3, sehingga lebih dikenal dengan nama POP3 (Post Office Protocol version 3). Protokol ini erat kaitannya dengan protokol SMTP yang mana protokol SMTP berfungsi untuk mengirim surat elektronik dari komputer pengirim ke server.

Protokol POP3 dibuat karena desain dari sebuah sistem surat elektronik yang mewajibkan adanya server surat elektronik yang menampung surat elektronik untuk sementara waktu hingga surat elektronik tersebut diambil penerima yang mempunyai hak. Hadirnya server surat elektronik ini dikarenakan dalam kenyataanya hanya sebagian kecil dari komputer penerima surat elektronik yang secara kontinyu melakukan koneksi ke jaringan internet.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Itulah informasi yang bisa saya bagikan tentang apa yang dimaksud Post Office Protocol. Semoga pengertian Post Office Protocol yang kami sampaikan dalam blog temukan pengertian ini dapat bermanfaat.