--> Skip to main content

Pengertian TCP/IP dan Fungsinya, Layer, Contoh, Cara Kerja

Pengertian TCP/IP dan fungsinya – Dalam pertukaran data pada jaringan internet ada sebuah istilah TCP/IP. Nah apa itu TCP/IP? Dapatkah kamu menjelaskan apa yang dimaksud dengan TCP/IP? Bagi kamu yang masih awam dalam hal jaringan tentunya belum belum bisa menjelaskan apa yang dimaksud TCP/IP. Untuk itulah pada pembahasan kali ini kami akan membahas tentang pengertian protokol TCP/IP dan fungsinya. Selain membahas pengertian TCP/IP beserta fungsinya, di sini juga kami bahas tentang pengertian TCP/IP menurut para ahli, layer TCP/IP beserta fungsinya, contoh TCP/IP dan cara kerja TCP/IP.

Pengertian TCP/IP dan Fungsinya

Pengertian TCP/IP

Pengertian TCP/IP adalah singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol. TCP/IP merupakan standar komunikasi data yang digunakan untuk dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain pada jaringan Internet. Karena berupa kumpulan protokol (protocol suite) maka Protokol ini tidaklah mampu berdiri sendiri. TCP/IP merupakan yang paling banyak dipakai pada saat ini. Data tersebut diimplementasikan dalam bentuk software atau perangkat lunak pada sistem operasi. Istilah yang diberikan kepada perangkat lunak tersebut yaitu TCP/ IP stack.

Atau pengertian TCP/IP yaitu sebuah software jaringan komputer yang terdapat pada satu sistem dan memungkinkan komputer satu dengan komputer yang lain bisa mentransfer data dalam satu grup jaringan/ network.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Pengertian TCP/IP Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa pengertian TCP/IP menurut para ahli:

  • Pengertian TCP/IP menurut Forouzan dan Chung Fegan (2007, pp 43-46), menyatakan TCP/IP adalah suatu hierarki protokol yang terdiri atas modul-modul yang interaktif, yang mana-tiap-tiap modul tersebut memiliki fungsionalitas yang spesifik.
  • Pengertian TCP/IP menurut Kozierok (2005), bahwa TCP/IP yaitu satu set standar aturan komunikasi data yang dipakai dalam proses transfer data dari satu komputer ke komputer yang lainnya dalam jaringan komputer tanpa memandang perbedaan jenis hardware yang digunakan.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Fungsi TCP/IP

Terdapat beberapa fungsi TCP/IP pada jaringan internet, fungsi TCP IP yaitu:

  • Fungsi TCP/IP pada komunikasi internet adalah untuk sarana pengiriman file dalam satu jaringan.
  • TCP/IP juga sering digunakan untuk kepentingan “Remote login”.
  • Untuk Telnet
  • Untuk Computer mail, dan lain-lain.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Layer TCP/IP beserta fungsinya

Berikut ini adalah 5 layer TCP IP dan fungsinya:

Pengertian TCP/IP dan Fungsinya
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

1. Aplication Layer

Fungsi application layer yaitu bertugas untuk melayani permintaan data atau servis, aplikasi pada layer ini menunggu di portnya masing-masing pada suatu antrian untuk diproses. Yang bekerja pada layer ini yaitu aplikasi:

  • Network Terminal Protocol (TELNET), yang menyediakan remote login dalam jaringan.
  • File Transfer Protocol (FTP), digunakan untuk file transfer.
  • Simple Mail Transfer Protocol (SMTP), dugunakan untuk mengirimkan e-mail (electronic mail).
  • Domain Name Service (DNS), untuk memetakan IP Address ke dalam nama tertentu.
  • Routing Information Protocol (RIP), protokol routing.
  • Open Shortest Path First (OSPF), protokol routing.
  • Network File System (NFS) untuk berbagi/ sharing file dalam suatu jaringan terhadap berbagai host.
  • Hyper Text Transfer Protokol (HTTP), protokol yang digunakan untuk web browsing.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

2. Transportation Layer

Fungsi dari transportation layer adalah untuk membentuk sebuah sambungan antara host penerima dan pengirim sebelum kedua host tersebut berkomunikasi dan seberapa sering kedua host ini akan mengirim acknowledgment dalam sambungan tersebut satu sama lainnya. Transport layer hanya terdiri dari dua macam protocol diantaranya yaitu:

  • Transmission Control Protocol (TCP)
  • User Datagram Protocol (UDP)
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

3. Internet Layer

Fungsi layer internet pada TCP/IP yaitu berisi protokol yang mempunyai tanggung jawab dalam pengalamatan dan enkapsulasi paket data jaringan. Pada Internet layer terdiri dari beberapa protokol yaitu :

  • IP
  • ARP
  • ICMP
  • IGMP
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

4. Network Acces Layer

Network Access Layer adalah gabungan dari Network, Data Link dan Physical Layer. Fungsi network acces layer yaitu menyediakan media bagi sistem untuk mengirimkan data ke device lain yang terkoneksi secara langsung. Dengna kata lain mendefinisikan protokol-protokol dan hardware-hardware yang digunakan dalam pengiriman data. Dalam layer ini terdapat protokol-protokol seperti Frame Relay, PPP pada WAN, ethernet pada LAN.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

5. Physical Layer

Fungsi physical layer pada TCP/IP yaitu mendefinisikan karakteristik yang dibutuhkan hardware untuk membawa sinyal data transmisi. Pada layer ini mendefinisikan hal-hal seperti nomor dan lokasi pin interface serta level tegangan.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Contoh TCP/IP

Contoh penerapan TCP IP adalah sebagai berikut ini:

  • Sebuah network mempunyai IP addres 026.104.0.19. Itu dapat juga ditulis dengan 26.104.0.19. menerangkan adanya host dengan IP address nomor 104.0.19 dalam network yang termasuk kelas A.
  • IP address 128.66.12.1 menunjukan alamat IP host 12.1 di dalam network nomor 128.66 yang termasuk dalam kelas B.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Cara Kerja TCP/IP

Cara kerja protokol TCP/IP secara singkat digambarkan sebagai berikut ini.

Pengertian TCP/IP dan Fungsinya
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Demikian pembahasan yang dapat kami tulis tentang pengertian TCP/IP dan fungsinya. Semoga pembahasa dalam blog temukan pengertian tersebut dapat bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan kita.

Buka Komentar
Tutup Komentar