Pengertian Kata Tidak Baku

Kata tidak baku adalah sebuah jenis kata dalam bahasa Indonesia di antara banyaknya ragam kata yang dikenal. Mengingat kata tidak baku sering dipakai dalam bahasa sehari-hari maka pembahasan tentang ini sangatlah penting. Bahkan, jika dibandingkan dengan kata baku, jenis kata tidak baku ini lebih banyak dipakai. Memang, perlu juga diketahui kalau ada wilayah-wilayah tertentu ketika berinteraksi dengan orang lain terdapat kata-kata tidak baku yang menjalankan perannya sebagai sebuah cara berkomunikasi. Supaya kita bisa menggunakan kata tidak baku pada waktu yang tepat maka pengetahuan tentang kata tidak baku sangat diperlukan. Karena itulah artikel ini akan memberikan pengetahuan secara rinci tentang kata tidak baku, berikut ini penjelasannya.

Pengertian Kata Tidak Baku

Pengertian Kata Tidak Baku

Tahukah kamu Apa yang dimaksud kata tidak baku? Kata tidak baku merupakan bagian kekayaan bahasa Indonesia. Kata tidak baku yaitu kata yang penulisan maupun pengucapannya tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia. Penggunaan kata tidak baku berhubungan erat dengan kondisi dan situasi yang ada. Biasanya kata tidak baku ini cenderung dipakai dalam percakapan lisan yang sifatnya informal atau akrab. Karena sifatnya tidak formal, maka bahasa yang dipakai dalam percakapan atau untuk menyampaikan sesuatu menggunakan kata-kata yang tidak baku. Tujuan penggunaan kata tidak baku yaitu untuk menimbulkan rasa keleluasaan dan keakraban dalam berkomunikasi. Pemakaian kata tidak baku dalam bentuk tulisan, bisa kita jumpai dalam komunikasi yang sifatnya akrab misalnya surat menyurat secara pribadi.
Dalam situasi yang bersifat resmi seperti ketika seminar atau pertemuan ilmiah jangan sekali-kali memakai kata tidak baku. Kenapa begitu? Karena dapat menimbulkan suatu kejanggalan jika kita menggunakan kata tidak baku dalam situasi tersebut. Misalkan dalam dalam suatu seminar yang berskala nasional dan seminar tersebut dihadiri oleh para jabat, apabila dalam pembicaraannya terdapat kalimat yang tidak baku maka akan terasa sangat janggal. Sebagai contohnya berikut ini:
Met siang saudare-saudare sekalian, sebelumnye kami sampein met dating di acare ini, bole ane kasi tahu, kalau ni acare jalan ampe jam empat sore, biar acarenye kagak makan waktu banyak, mari kita sambut Dr. Andi, selaku tuan rume dalam acare ni.
Atau ketika dalam urusan sebuah pertemuan bisnis, terdengar kalimat tidak baku juga akan sangat janggal, sebagai contohnya berikut ini:
Udah diteken belon surat perjanjian ane? Cepetan dong diteken, soalnya kalau cepet biar perusahaan kite dapet untung gede.
Bagaimana contoh kalimat tersebut terasa janggal kan? Kejanggalan tersebut itu disebabkan karena pemakaian kata-kata tidak baku tidak disesuaikan pada situasi dan kondisinya.
Demikian penjelasan yang dapat kami bagikan tentang Pengertian Kata Tidak Baku, semoga dapat memberikan manfaat.

Artikel Terkait