Pengertian Membran Sel dan Fungsinya

Membran sel adalah batas kehidupan, karena membran sel ini memisahkan antara sel hidup dengan sel tidak hidup yaitu lingkungan di sekitar sel hidup. Setiap sel terlapisi oleh lapisan yang dikenal dengan membran sel. Bentuk membran sel ini sangatlah tipis, sehingga tidak dapat dilihat menggunakan mikroskop cahaya, namun bisa dilihat dengan mikroskop elektron. Ketebalan membran sel yaitu 8 nm. Terdiri atas barisan lemak dan juga terdapat protein pada membran sel. Secara lengkap susunan membran sel dijelaskan berdasarkan suatu model mosaik cair. Model tersebut pertamakalinya dikenalkan oleh 2 ilmuwan yang bernama Garth Nicolson dan Jonathan Singer.
Struktur yang dimiliki membran sel bentuknya lembaran tipis. Susunan membran sel terdiri molekul-molekul protein lemak atau lipid  & sedikit karbohirat yang menyusun sebuah lapisan yang sifatnya asimetri dan dinamis. Bersifat asimetri maksudnya yaitu komposisi antara protein dan lipid pada sisi dalam tidak sama dengan sisi luar membran sel. Bersifat dinamis maksudnya mempunyai struktur seperti zat cair (fluida), dengan begitu maka molekul lipid & protein bisa bergerak. Molekul-molekul itu membentuk matriks lapisan fosfolipid bilayer (fosfolipid rangkap) yang disisipi protein membran. Perhatikan gambar di bawah ini yang merupakan gambaran struktur membran sel.
struktur membran sel

Ada 2 macam protein membran, yaitu protein integral (terbenam) dan protein peripheral (menempel). 1 unit fosfolipid terdiri atas bagian fosfat (kepala) dan asam lemak (ekor). Bagian fosfat merupakan sisi suka air (hidrolik) yang menghadap ke luar membran sel. Bagian asam lemak/ ekor merupakan sisi tidak suka air (hidrofobik) yang tersembunyi pada bagian dalam membran sel. Sisi membran sel yang menhadapnya ke luar sel terdapat karbohidrat yang menempel pada fosfolipid atau protein membran. Kegunaan biologis dari membran sel itu tergantung pada molekul-molekul yang menyusunnya, yaitu karbohidrat, protein dan lipid.
struktur membran sel dan fungsinya

Fungsi Membran Sel
Struktur yang kompleks yang dimiliki membran sel mempunyai fungsi-fungsi sebagai berikut ini:
- Membungkus dan melindungi sisi sel.
- Membentuk sebuah batas antara isi sel dengan luar sel dengan batas yang tidak mudah robek (fleksibel).
- Menyaring/ melakukan seleksi zat-zat apa saja yang dapat masuk ke dalam sel dan zat-zat apa saja yang harus keluar dari sel. (membrane sel bisa dilalui oleh zat-zat tertentu) Sifat ini disebut dengan selektif permeable.
Demikian penjelasan yang dapat "Temukan Pengertian" berikan tentang Struktur Membran Sel dan Fungsi Membran Sel, semoga dapat memberikan manfaat.

Artikel Terkait