Pengertian Nukleus dan Fungsi nya

Inti sel atau Nukleus yaitu satu bagian sel di antara bagian-bagian yang menyusun semua bangunan sel. Penjelasan mengenai nukleus ini kami menyajikannya sebagai pelengkap penjelasan materi yang kami sampaikan sebelumnya yaitu mengenai membran sel dan badan Golgi. Dengan penjelasan ini, kami akan menjelaskan kepada anda lebih jauh mengenai apa itu nukleus dan apa saja fungsi nukleus. Bagian-bagian nukleus akan kami uraikan di sini, dan supaya lengkap kami juga akan menginformasikan tentang ukuran, bentuk, dan letak nukleus dalam sel. Dalam penjelasan ini kami juga akan menyisipkan beberapa gambar mengenai nukleus supaya anda bisa lebih memahaminya, silahkan dibaca sampai selesai.
Pengertian Nukleus dan Fungsi

Nukleus Sel

Nukleus disebut juga inti sel. Nukleus adalah bagian sel yang fungsinya sebagai pengendali atau pusat perintah kegiatan sel karena di dalam nukleus terdapat benang-benang kromosom. Sel-sel pada umumnya mempunyai satu nukleus inti, akan tetapi sesuai fungsinya, terdapat juga sel yang mempunyai 2 bahkan lebih nukleus inti. Nukleus merupakan bagian sel yang mempunyai ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan umumnya organel sel. Ukurannya berkisar antara 10 hingga 20 nm. Nukleus letaknya terkadang di tengah atau di tepi. Bentuk nukleus berbentuk bulat atau lonjong mirip dengan cakram. Nukleus dibatasi selaput inti (membran inti) yang tujuannya untuk mengontrol apa saja yang dapat masuk dan keluar nukleus. Tugas nukleus dibutuhkan untuk pertumbuhan dan pembelahan sel dan juga untuk mengontrol reaksi-reaksi kimia. Selain itu nukleus juga mempunyai tugas untuk membawa perintah sintetis pada inti DNA sebab pada bagian dalamnya mengandung DNA code (sandi DNA) untuk menetapkan urut-urutan asam amino protein. Coba perhatikan struktur nukleus pada gambar di bawah ini:
Pengertian Nukleus dan Fungsi nya

Bagian-Bagian Nukleus

Bisa kita lihat pada gambar di atas bahwa di dalam nukleus ada bagia-bagian penyusun, penjelasannya adalah sebagai berikut.
- Cairan Inti (Nukleoplasma) yaitu zat yang tersusun atas protein.
- Anak Inti (Nukleolus) fungsinya yaiu untuk menyintesis bermacam-macam molekul asam ribonukleat (RNA) yang dipakai dalam penyusunan ribosom.
- Butiran komatin terletak di nukleoplasma, dan terlihat jelas ketika sel membelah. Ketika membelah, butiran kromatin menjadi tebal membentuk struktur seperti benang disebut dengan kromosom. Kromosom mengandung asam deoksiribonukleat (DNA) yang fungsinya memberikan informasi genetik lewat sintesis protein.
Seperti uraian di atas kalau nukleus mempunyai fungsi yang penting dalam sel. Berikut ini adalah rangkuman fungsi nukleus sel:
- Fungsi nucleus yaitu sebagai pusat perintah/ pengendalai semua kegiatan sel.
- Fungsi nucleus yaitu untuk mengatur pembelahan sel.
- Fungsi nucleus yaitu untuk memberikan informasi genetk (DNA) yang melalui pembelahan sel akan mewariskan sifat-sifanya.
Demikian apa yang dapat kami uraikan tentang definisi nukleus dan fungsinya, semoga dapat memberikan manfaat.

Artikel Terkait