Pengertian Lisosom dan Fungsinya

Tahukah kamu apa itu lisosom? Itulah pertanyaan yang akan kita jawab dalam pembahasan artikel kali ini. Semua hal yang ada kaitannya dengan lisosom akan kami bahas di sini. Pembahasan lisosom meliputi dari bentuk, ukuran dan juga fungsi dari lisosom. Lisosom merupakan organel sel yang penting karena mempunyai peran sebagai penyusun sel. Lisosom bersama-sama organel sel lainnya melakukan tugas penting yang tidak dapat dilakukan oleh organel lainnya. Supaya lebih jelasnya di sela-sela artikel juga kami sisipkan gambar supaya bisa melihat secara utuh struktur lisosom. Berikut ini adalah gambar petunjuk dimana letak keberadaan lisosom dalam sel.
Pengertian Lisosom dan Fungsinya

Lisosom merupakan organel yang banyak dijumpai pada sel-sel hewan. Lisosom adalah organel yang bentuknya bulat yang dibatasi sistem membran tunggal. Lisosom umumnya mempunyai diameter kurang lebih 1,5 mikron, terletak dekat dengan badan golgi. Badan golgi yang penuh dengan protein memproduksi lisosom dalam sel. Beberapa enzim hidrolik yang dihasilkan oleh lisosom yaitu proteolitik dan fosfatase. Enzim hidrolik ini akan mencerna makanan yang masuk secara fagositosis. Jumlah lisosom relatif lebih banyak pada sel yang berfungsi dalam sekresi seperti, leukosit, pancreas, sel ginjal dan sel hati. Lisosom juga banyak terdapat pada sel darah putih, karena fung si dari sel darah putih yaitu menghasilkan zat kekebalan tubuh. Selain itu, lisosom bersifat aufagi, autolisis, dan secara eksositosis menghancurkan makanan.
Pengertian Lisosom dan Fungsinya

Lisosom menurut fungsinya ada 2 macam yaitu lisosom primer dan lisosom sekunder. Lisisom primer adalah lisosom yang tugasnya memproduksi enzim yang belum aktif. Fungsi lisosom primer yaitu sebagai vakuola makanan. Lisosom sekunder adalah lisosom yang tugasnya aktif pada kegiatan pencernaan sel. Fungsi lisosom sekunder yaitu sebagai autofagsom.
Fungsi Lisosom
Dari penjelasan di atas, secara singkat bisa kita uraikan lebih lanjut mengenai fungsi lisosom. Berikut ini adalah fungsi lisosom.
- Lisosom berfungsi untuk mencerna cadangan makanan apabila terjadi kekurangan makanan.
- Lisosom berfungsi untuk mencerna makanan hasil fagositosis dan pinositosis.
- Lisosom berfungsi sebagai autolisis yaitu lisosom bisa menghancurkan organel sel yang rusak dalam keadaan fisiologis tertentu. Kejadian seperti ini disebut autofagi.
- Lisosom berfungsi untuk menetralkan zat yang sifatnya karsinogen, yaitu zat penyebab kanker.
- Lisosom berfungsi untuk menghancurkan benda yang terdapat di luar sel, contohnya untuk menghancurkan dinding sel telur sperrmaa mengeluarkan enzim pda saat fertilisasi.
Demikian penjelasan yang dapat kami bagikan tentang pengertian lisosom beserta fungsinya semoga dapat memberikan manfaat.

Artikel Terkait