Pengertian mitokondria dan fungsinya

Mitokondria bisa dilukiskan sebagai sebuah pabrik energi sel. Dalam  menjalankan semua aktivitasnya sel memerlukan suatu energi. Mitokondrialah yang mempunyai peran besar dalam menyuply energi itu. Pada artikel ini kami akan menguraikan secara rinci mengenai mitokondria. Uraian ini diawalai dengan uraian secara umum mitokondria sel yaitu terdiri dari bentuk, ukuran dan fungsi mitokondria. Selain itu juga kami lampirkan gambar mitokondria supaya lebih jelas dalam memahami bentuk dan bagian-bagian mitokondria.

Pengertian Mitokondria Sel

Tahukah kamu apa yang dimaksud mitokondria? Mitokondria yaitu sebuah organel sel. Istilah mitokondria ini berasal dari bahsa yunani mitos yang artinya “benang” dan chondros yang artinya “butir”. Pemberian nama mitokondria tersebut menggambarkan kalau organel ini mirip seperti benang jika di lihat dengan mikroskop cahaya. Mitokondria adalah organel sel yang mempunyai bentuk bulat panjang seperti cerutu dan berukuran sekitar 0,3 – 0,4 mikron. Mitokondria bias dijumpai di seluruh sel eukariotik, paling banyak bias ditemukan dalam sel-sel yang aktivitas metaboliknya tinggi, dan letaknya di dalam sitoplasma, tepi sel dan nukleus. Adanya mitokondria di dalam sitoplasma itu berkaitan dengan fungsi mitokondria sebagai pembuat dan pemberi energi. Secara relative setiap sel mempunyai jumlah mitokondria yang berbeda. Contohnya, sel hewan mempunyai kandungan mitokondria yang lebih banyak apabila dibandingkan dengan sel tumbuhan.
Pengertian mitokondria dan fungsinya

Mitokondria mempunyai membran ganda yakni membran dalam yang terlipat secara ekstensif dan membrane luar yang halus membentuk perbatasan luar. Krista/ atau lipatan-lipatan tersebut menjulur ke dalam bagian organel. Di dalam mitokondria terdapat zat antara atau matrik yang mengandung beberapa enzim yang dapat memungkinkan berlangsungnya siklus asam sitrat (siklus kreb’s), terutama pada enzim ATP Synthetase  dan Energi. Selain itu matriks ini juga mengandung protein, lipida,ribosom, granula-granula tertentu, dan DNA. Sejumlah Enzim tadi mempunyai keterkaitan pemecahan sistemik molekul organik untuk bisa menghasilkan energi sel. Sedangkan fungsi DNA dalam mitokondria yaitu mengatur sintesis protein dalam ribosom dan sitoplasma.
Fungsi Mitokondria
Fungsi mitokondria yaitu sebagai power house of cell/ pusat pembangkit tenaga dari sel, seperti proses respirasi aerob yang menggunakan oksigen dapat menghasilkan ATP. Selain itu fungsi mitokondria adalah untuk sintesis lipid pada matriks mitokondria. Fungsi lain dari mitokondria yaitu berfungsi dalam oksidasi makanan, fosforilasi oksidatif,  system transfer electron dan dehidrogenasi.
Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai mitokondria dan fungsinya, semoga penjelasan tersebut dapat memberikan manfaat.

Artikel Terkait