Pengertian Skala Peta

Tahukah kamu apa yang dimaksud skala peta? Itulah yang akan kami bahas kali ini. Skala adalah salah satu unsur yang terdapat dalam proses pembuatan peta. Dalam skala terdapat rumus khusus yang dipakai dalam menghitung besarnya skala subuah peta. Seperti yang telah diketahui kalau peta merupakan suatu yang menggambarkan daerah di permukaan bumi yang diperkecil menggunakan skala. Daerah yang diperkecil tersebut menjadi sebuah penyajian pada bidang datar berupa peta. Pengecilan daerah tersebut membutuhkan penjelasan mengenai hubungan matematik antara ukuran geometrik jarak yang terdapat pada permukaan bumi dengan yang ada di peta. Hubungan itulah yang disebut dengan skala peta. Hal inilah yang akan diuraikan dalam pembahasan ini yaitu mengenai Pengertian skala peta dan rumus menghitung skala peta. Silahkan disimak penjelasan selengkapnya berikut ini.
Pengertian Skala Peta

Pengertian Skala Peta
Skala peta bisa diartikan sebagai rasio/ perbandingan antara jarak 2 titik pada peta dengan jarak sebenarnya di lapangan/ di permukaan bumi pada satuan yang sama.Pengertian skala peta adalah informasi yang perlu dicantumkan supaya pengguna peta bisa mengukur jarak sebenarnya pada peta. Sebagai contoh peta dengan skala 1:150.000 itu artinya jarak 1 cm yang ada di peta sama dengan jarak 150.000 cm yang ada di lapangan. Penulisan Skala peta terdapat 2 cara yaitu dengan skala angka atau skala garis.
Rumus Menghitung Skala Peta
Untuk menghitung atau menentukan besar skala dari suatu peta tentunya ada sebuah rumus yang dipakai. Rumis yang dipakai ini rumus yang sederhan jadi mudah untuk dipahami. Seperti apakah rumusnya? Berikut ini adalah Rumus untuk menghitung skala peta
Rumus Menentukan Skala Peta
Skala = Jarak pada peta : Jarak sesungguhnya.
Inilah contoh penerapan rumus skala di atas:
Diketahui jarak sebuah kota X dan kota Z pada peta yaitu 2 cm. Jarak Sebenarnya yang diukur di lapangan yaitu 12 km.  Maka Berapakah besar skalanya?
Jawab:
Skala Peta = Jarak pada peta / jarak sesungguhnya
Jarak peta= 2 cm
Jarak sesungguhnya 12 km= 1.200.000 cm
Skala = 2 cm / 1.200.000 cm =  1 /  600.000 = 1 : 600.000
Itulah uraian tetang Pengertian Skala Peta dan Rumus Skala Peta, semoga uraian tersebut dapat memberikan manfaat. Baca juga artikel tentang Pengertian Skala Righter.

Artikel Terkait