Pengertian Metamorfosis Sempurna

Pengertian Metamorfosis Sempurna - Jenis metamorfosis dalam dunia Biologi terdapat dua jenis yaitu metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna. Nah, pada pembahasan ini kami menguraikan tentang Pengertian Metamorfosis sempurna (holometabola). Dalam pembahasan ini tidakhanya tentang pengertian saja tetapi juga contoh metamorfosis sempurna tersebut. Kenapa bisa disebut dengan metamorfosis sempurna? Sempurna maupun tidaknya metamorfosis bisa diketahui dengan bentuk perubahan yang terjadi selama proses metamorfosis berlangsung. Itu artinya terdapat ciri-ciri tertentu yang bisa dijadikan tanda  jenis metamorfisis, ketika proses metamorfoisis.

Untuk lebih jelasnya tentang apa itu metamorfosis sempurna, seperti apa proses metamorfosis sempurna dan contohnya seperti apa, silahkan simak penjelasan berikut ini. 

Pengertian Metamorfosis Sempurna
Metamorfosis sempurna adalah suatu proses perubahan/ perkembangan kedewasaan yang melalui perubahan bentuk dalam tahap-tahap yang tidak sama antara satu dengan yang lain. Terdapat beberapa hewan yang mengalami jenis proses metamorfosis. Proses perkembangan dan pertumbuhan hewan yang bermetamorfosis sempurna melalui beberapa tahap. Tiap-tiap tahap tersebut mempunyai bentuk yang tidak sama dengan tahap yang lain. Hewan yang melakukan metamorfosis sempurna tahap-tahap perubahannya yaitu telur berubah jadi larva, larva berubah menjadi pupa, pupa berubah menjadi imago atau dewasa, seperti itu seterusnya membentuk siklus atau daur. Di bawah ini adalah Gambar Metamorfosis Sempurna yang menunjukkan tahapan proses metamorfosis sempurna.
Pengertian Metamorfosis Sempurna

Contoh Metamorfosis Sempurna
Contoh metamorfosis sempurna yaitu terjadi pada beberapa hewan dengan jenis serangga. Contohnya kumbang, lebah, nyamuk, lalat, dan kupu-kupu. Dalam metamorfosis beberapa serangga tersebut mengalami perubahan-perubahan yang mencolok pada bentuk luar dan organ tubuh dari berbagai tahapan. Pada serangga-serangga ini, bentuk larva dan dewasa sangat berbeda. Selain jenis serangga, hewan yang mengalami metamorfosis sempurna yaitu katak. Katak melalui beberapa tahap metamorfosis yaitu dari telur menjadi kecebong, kecebong menjadi katak muda, dan katak muda menjadi katak dewasa.

Baca juga artikel: Pengertian Simbiosis mutualisme

Itulah uraian yang dapat kami berikan tentang Pengertian Metamorfosis Sempurna semoga dapat memberikan manfaat.

Artikel Terkait