Pengertian dan Struktur Khotbah

Pengertian dan Struktur Khotbah - Tahukah kamu apa itu khotbah? Asal kata Khotbah bermula dari bahasa arab yaitu khataba yang artinya ‘menasehati’. Kemudian, Khotbah didefinisikan sebagai sebuah pidato. Namun Khotbah mempunyai perbedaan dengan pada umumnya sebuah pidato. Yang diuraikan dalam khotbah lebih merujuk ke persoalan yang bersifat keagamaan sedangkan kalau pidato sifatnya yaitu umum.  Karena itulah di dalam prakteknya khotbah mempunyai cara cara tertentu dalam penyampaiannya. Sebagai contoh khotbah dalam agama islam, dalam berkhotbah harus ada khatib yaitu orang yang berkhotbah, isi khotbah harus mengutip dari salah satu ayat yang tercantum di dalam Al Qur’an dan menjelaskannya, dan jika khotbah diakhiri maka diakhiri dengan berdo’a.
Pengertian dan Struktur Khotbah

Struktur Khotbah
Pembagian Khotbah secara umum terbagi menjadi 3 bagian yaitu bagian pendahuluan, bagian isi dan bagian penutup. Penjelasannya adalah sebagai berikut ini.
  • Bagian pendahuluan yaitu berisi pujian-pujian kepada Tuhan YME, ajakan untuk bertakwa dan bersyukur atas segala nikmat yang diberikan Tuhan YME.
  • Bagian isi yaitu menjelaskan dan menguraikan apa tema dalam Khotbah. Dalam bagian ini memuat materi-materi utama yang disampaikan oleh seorang Khatib.
  • Bagian penutup yaitu berupa pesan-pesan dan juga diakhiri dengan berdoa.

Semoga informasi yang kami berikan tentang Pengertian Khotbah dan Struktur Khotbah tersebut dapat memberikan manfaat untuk kita semua.

Artikel Terkait