Pengertian Norma Agama dan Contohnya

Pengertian Norma Agama dan Contohnya – Apa itu norma agama? Bagi yang belum tahu akan kami jelaskan, tetapi sebelum kami menjelaskannya tentunya kita tahu kalau setiap manusia pasti mendambakan kehidupan yang damai, tentram dan harmonis dalam kehidupannya. Dari sinilah peranan-peranan penting sebuah norma untuk meraih tujuan tersebut, salah satunya yaitu norma agama. Apakah pentingnya norma agama itu? Norma agama merupakan norma yang penting yaitu norma yang memberikan kaidah atau aturan yang fungsinya sebagai pedoman, penerang, dan petunjuk manusia dalam menjalani kehidupan. Petunjuk atau aturan dalam hidup ini bersifat pasti dan tidak ada rasa-ragu karena bersumber dari Tuhan Yang Maha Esa. Karena itulah maka norma agama dapat juga disebut bentuk kasih sayang Tuhan Yang Maha Esa kepada manusia, Tujuannya supaya manusia selamat dalam menjalankan hidup di dunia ini hingga di akhirat kelak. Berikut ini merupakan uraian lebih lanjut mengenai norma agama.
Norma Agama
Baca juga Artikel: Pengertian Norma: Apa itu Norma?
Berikut ini adalah penjelasan secara rinci yang akan saya sampaikan tentang

Pengertian Norma Agama

Apa yang dimaksud dengan Norma Agama? Pengertian norma agama adalah kumpulan petunjuk atau kaidah kehidupan yang bersumber langsung dari Tuhan  Yang Maha Esa melalui suatu ajaran agama. Penganut suatu ajaran agama dituntut untuk taat mutlak terhadap norma agamanya. Jadi norma agama ini mewajibkan penganut suatu agama tertentu untuk mentaati apa saja yang diperitahkan dana apa saja yang dilarang agama tersebut. Norma agama bersifat mutlak dan tidak dapat diubah atau ditawar, jadi wajib ditaati bagi penganutnya. Bagi sebagian manusia, meyakini bahwa norma agama merupakan norma yang tertinggi nilainya. Norma agama sering dijadikan sebagai landasan dasar dalam berpikir, berperilaku, dan berbuat untuk mewujudkan kehidupan yang serasi dan selaras. Hal tersebut dikarenakan norma agama mengatur hubungan antara manusia dengna Tuhan YME, mengatur hubungan antara sesama manusia dan juga mengatur hubungan antara manusia dengan makhluk ciptaan Tuhan YME yang lainnya.
Baca juga Artikel: Pengertian Norma Kesusilaan dan Contohnya
Orang yang melanggar norma agama itu berarti orang tersebut menentang pringah dan larangan Tuhan YME. Orang yang melanggar norma agama ini akan memperoleh sanksi yaitu berupa dosa. Dan Akibat pelanggarannya maka akan memperoleh hkuman di Akhirat kelak.

Contoh Norma Agama

Di dalam kehidupan sehari-hari Contoh norma agama bisa berupa dalam bentuk-bentuk berikut ini:
Menjalankan Ibadah dengan Sebaik-baiknya
Semua pemeluk agama wajib untuk melakukan ibadah sesuai dengan agama yang dipeluknya. Contohnya umat Islam beribadah di masjid, Umat Kristen beribadah di greja, Umat budha beribadah di wihara dan umat hindu beribadah di pura.
Memberikan bantuan kepada orang yang kurang mampu
Salah satu contoh norma agama adalah saling membantu. Setiap agama mengajarkan bahwa sikap tolong menolong antar manusia itu hukumnya wajib. Orang yang suka memberi bantuan terhadap orang yang membutuhkan akan memperoleh pahala yang besar dari Tuhan Yang Maha Esa.
Menghindari  dan menjauhi barang memabukkan seperti miras, narkoba, dan lain-lain.
Di dalam setiap agama, semua hal yang dapat memabukkan atau menghilangkan kesadaran pasti dilarang. Jika seseorang kehilangan kesadaran maka akan mudah terjadi kekacuan. Pastinya hal tersebut sangat bertentangan dengan tujuan norma yaitu untuk ketentraman. Karena itulah maka setiap agama sangat keras melarangnya.
Dilarang merampok, mencuri, bahkan membunuh sesama umat manusia
Setiap agama pastinya mengajarkan kepada umatnya untuk selalu berbuat baik dan dilarang untuk merampok, mencuri bahkan membunuh sesame umat manusia. Orang yang melakukan perbuatan yang tidak baik tersebut akan mendapatkan dosa dan siksaan kelak di akhirat.
Demikian penjelasan mengenai Pengertian Norma Agama dan contohnya, semoga dapat memberikan manfaat.

Artikel Terkait