Pengertian Latar dan Macamnya

Pengertian Latar dan Macamnya - Akan terasal lebih indah apabila dalam pementasan drama menggunakan latar sebab latar sangat berfungsi di dalam pementasan sebuah drama. Dengan adanya latar maka bisa membuat suasana menjadi lebih nyata dan berkesan lebih profesional dalam pementasan drama. Latar di dalam drama memiliki peran yang begitu dominan mendukung pementasan sebab sebenarnya latar adalah bagian dalam pementasan drama.
Pengertian Latar dan Macamnya

Latar sendiri terbagi atas bermacam-macam, di setiap latar mempunyai fungsi masing-masing dalam pementasan drama. Dengan adanya latar  maka drama akan terlihat lebih baik serta profesional dimana kita mementaskan suatu drama yang yang mirip dengan latar dalam kenyataan yang diceritakan dalam drama. Agar lebih memahami tentang apa itu pengertian Latar dan macam-macam latar silahkan disimak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Latar dan Macam-macam Latar

- Pengertian latar adalah keterangan tentang tempat, ruang, waktu serta suasana pada cerita yang ada di dalam drama.

- Macam-macam Latar
Berikut ini adalah macam-macam latar.
  • Latar waktu: yaitu penggambaran waktu kejadian yang terdapat dalam naskah drama, contohnya pada waktu sore hari, malam hari, dan lain-lain
  • Latar temapat: yaitu penggambaran lokasi/ tempat kejadian yang terdapat dalam naskah drama, misal di meja makan, di medan perang dan lain-lain.
  • Latar suasana: yaitu penggambaran suasana yang menjadi latar belakang terjadinya sebuah peristiwa atau adegan, sebagai contoh dalam budaya masyarakat melayu, betawi dan yang lain-lain.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan tentang Pengertian Latar dan Macamnya, semoga dapat memberikan manfaat.

Artikel Terkait