Pengertian dan Ciri Ciri Rawa

Pengertian dan Ciri Ciri Rawa - Rawa adalah cekungan yang dangkal di daratan dan digenangi oleh air. Permukaan air rawa pada umumnya selalu dibawah atau sama dengan permukaan air laut, sehingga air yang ada di danau selalu menggenang dan permukaan airnya tertutup tumbuhan air. Terkadang rawa sangat sulit untuk dibedakan dengan sungai, karena terkadang ada juga sungai yang seperti rawa. Yang mana sungai tersebut apabila dilihat mirip dengan rawa. Padahal ada banyak sekali perbedaan antara rawa dengan sungai.

Setelah mengetahui pengertian rawa selanjutnya agar dapat lebih mengetahui tentang rawa dan perbedaaanya dengan sungai, kita perlu mengetahi ciri-ciri rawa. Berikut ini adalah penjelasan tentang ciri ciri rawa. Silahkan di simmak ya.
Pengertian dan Ciri Ciri Rawa
  • Ciri air rawa yaitu airnya asam dan warnanya coklat hingga kehitam-hitaman.
  • Menurut tempatnya, rawa banyak dijumpai di pedalaman daratan namun juga bisa dijumpai di sekitar pantai.
  • Air rawa yang berada di sekitar pantai dapat dipengaruhi pasang surutnya air laut.
  • Ketika air laut pasang permukaan rawa akan tergenangi banyak air tetapi ketika air laut surut maka akan permukaan rawa mengering.
  • Rawa yang berada di tetpi pantai banyak ditumbuhi pohon bakau sedangkan rawa yang berada di pedalaman banyak ditumbuhi oleh palem nipah (tanaman sejenis palem).

Rawa-Rawa di Indonesia banyak dijumpai di Kalimantan, Sumatera, sepanjang pantai Provinsi Irian Jaya (Papua) dan Sulawesi (sekitar pantai). 

Bagaimana setelah mempelajari pengertian rawa dan juga ciri-ciri rawa, apakah sudah bisa membedakan antara rawa dan sungai? Tentunya sudah bisa kan, karena sudah jelas sekali perbedaan antara rawa dengan sungai. Demikian penjelasan yang dapat kami berikan dalam artikel ini. Semoga penjelasan tentang Pengertian dan Ciri Ciri Rawa tersebut dapat bermanfaat.

Artikel Terkait