Pengertian Wallet Bitcoin: Apa itu Wallet Bitcoin?

Pengertian wallet bitcoin - Dalam artikel sebelumnya telah kami bahas tetang Pengertian Bitcoin. Dalam dunia bitcoin ada yang namanya wallet bitcoin. Tahukah kamu apa itu wallet Bitcoin? Mungkin diantara anda ada yang masih belum tahu, untuk itulah dalam kesempatan kali ini kami akan membahas artikel tentang wallet bitcoin. Pembahasan tentang wallet bitcoin ini meliputi pengertian wallet bitcoin itu sendiri, macam-macam wallet bitcoin dan cara daftar wallet bitcoin. Oke langsung saja berikut ini pembahasannya.
Pengertian wallet bitcoin

Pengertian Wallet Bitcoin

Apa itu Wallet bitcoin? Wallet Bitcoin adalah dompet bitcoin yang merupakan tempat untuk menyimpan bitcoin. Seseorang tidak akan dapat mempunyai bitcoin tanpa memiliki tempat untuk menyimpan bitcoin (Wallet Bitcoin/ Dompet Bitcoin). Semua aktifitas kita tentang pengumpulan/ pembelian bitcoin itu disimpan dalam wallet Bitcoin. Jadi Wallet bit coin merupakan elemen yang penting dalam dunia cryptocoin.

Wallet bitcoin dapat menyimpan beberapa keypair kriptografi, atau yang lebih dikenal dengan sebutan alamat bitcoin (bitcoin address). Wallet bitcoin sifatnya tidak sama dengan dompet konvensional yang biasa kita kenal seperti atm, yang berfungsi menyimpan sejumlah uang. Sedangkan wallet bitcoin mempunyai fungsi yang berbeda yaitu mengorganisasikan sejumlah bitcoin address (alamat bitcoin) yang dimiliki seorang pengguna. Sementara itu dana yang dimiliki oleh pengguna bisa diakses dengan melakukan permintaan data jumlah dana yang terdapat dalam alamat-alamat bitcoin yang dimilikinya dan menjumlahkannya.

Dalam bitcoin, pengguna bitcoin dapat memiliki banyak alamat bitcoin. Dengan alamat bitcoin inilah pengguna dapat melakukan transaksi, baik melakukan pengiriman bitcoin ataupun penerimaan bitcoin dari pengguna yang lain. Untuk dapat membelanjakan bitcoin, pengguna memerlukan baris kode khusus yang disebut dengan “private key”. Baris kode ini disimpan dalam dompet atau wallet bitcoin. Pada saat akan digunakan, barulah pengguna mengakses kode tersebut untuk menggunakannya dalam bertransaksi. Terdapat 2 hal yang perlu untuk diketahui yaitu tentang private key dan publick key.

- Private Key (kunci rahasia), sifatnya privat yang hanya boleh diketahui oleh pemilik alamat bitcoin. Private key ini berfungsi layaknya nomor PIN dalam sebuah rekening Bank. Secara garis besar kunci pengamanan pengguna bitcoin terletak dalam private key. Private key dapat disimpan dalam komputer maupun dicetak menggunakan printer. Apabila private key ini diketahui oleh orang lain, maka kemungkinan akan dapat dicuri oleh orang lain.

Contoh Private Key:
5KJvsngHeGpm884wtkJNzQUaCErckhHJBGFsvd3VyK5qMTXj3hS

- Public Key, lebih tercermin pada Bitcoin Address (alamat bitcoin). Di dalam bitcoin, Public Key mempunyai fungsi untuk mengidentifikasi alamat pengirim dan penerima Bitcoin. Dengan begitu bitcoin akan bisa didistribusikan ke orang lain.

Contoh Bitcoin Address:
1PFoDgokjNoYpAf5eJEKZJXAJ37Q81mmab

Macam Macam Wallet Bitcoin

Terdapat macam macam dompet bitcoin / yang dapat digunakan untuk menyimpan bitcoin. Berikut ini jenis wallet bitcoin tersebut.
  • Online Wallet adalah dompet bitcoin yang berbasis web yang dapat diakses secara online..   
  • Desktop Wallet adalah dompet bitcoin yang menggunakan software atau perangkat lunak yang di install di komputer.
  • Mobile Wallet  adalah aplikasi yang dapat didownload di ponsel ataupun smartphone, sehingga bisa digunakan dimana saja .
  • Hardware Wallet adalah dompet bitcoin yang berbentuk perangkat keras fungsinya sama seperti umumnya dompet bitcoin.
  • Paper Wallet adalah dompet bitcoin yang tercetak pada kertas ataupun media fisik yang lain, termasuk juga yang berbentuk kartu.

Cara Membuat Wallet Bitcoin

Kamu dapat dengan membuat wallet bitcoin dengan mudah. Berikut ini adalah cara membuat dompet bitcoin.
- Buka ini: Bitcoin id
- Maka akan tampil halaman situs seperti ini
Pengertian wallet bitcoin

Masukan data-data yang diminta: nomor handphone, nomor telepon alternatif, username, alamat email, dan pasword. Apabila sudah maka selanjutnya klik "Saya bukan robot", kemudian klik "Lanjut pendaftaran".

- Buka kotak masuk alamat email yang anda daftarkan, cek email yang masuk dari "admin@bitcoin.co.id". Apabila sudah mendapatkan emailnya, klik "Aktivasi akun".
Pengertian wallet bitcoin

-  Jika sudah klik aktvasi akun, nantinya anda akan diminta untuk melakukan sign-in. Maka Lakukanlah "Sign-in" sesuai dengan alamat e-mail dan password yang sudah anda daftarkan tadi.
Pengertian wallet bitcoin

- Sesudah melakukan sign-in, segera anda akan memperoleh SMS dari Bitcoin.Co.Id. SMS tersebut yaitu berisi "PIN". Masukan pin ke dalam kolom PIN. Jika sudah klik "Submit".
Pengertian wallet bitcoin

- Berikutnya anda harus melakukan verifikasi akun agar akun anda dapat digunakan untuk transaksi (membeli maupun menjual bitcoin / terima dan kirim bitcoin. Untuk menverifikasi akun anda akan dimintai untuk mengisi data-data pribadi, isikan data pribadi seperti nama (wajib nama asli, jika tidak maka uang tidak bisa ditarik) dan juga nomor KTP lalu tempat tanggal lahir sesuai dengan permintaan (isi data sesuai KTP). Lakukan juga "Upload KTP", pada kolom file KTP.
Pengertian wallet bitcoin

- Selanjutnya Lakukan "Foto diri" sesuai dengan gambar yang dicontohkan,, dengan memegang kertas dengan tulisannya sama hanya saja nama dibedakan sesuai nama anda dan tanda tangan anda. Apabila sudah upload pada kolom, file foto diri. Jika suda akhiri dengan klik "Kirim data".
Pengertian wallet bitcoin

- Tunggulah proses verifikasi dengan jarek waktu paling lama "1x 24 jam", nah setelah itu wallet bitcoin anda sekarang sudah jadi dan siap untuk digunakan.

Itulah penjelasan yang dapat kami uraikan tentang pengertian wallet bitcoin, semoga dapat menambah pengetahuan kita. Sekian dari kami semoga apa yang blog temukan pengertian ini bagikan dapat bermanfaat.

Artikel Terkait