Pengertian Bitcoin Mining: Apa itu bitcoin mining?

Advertisement
Pengertian Bitcoin Mining - Sekarang ini telah muncul teknologi baru yaitu bitcoin yang seperti uang virtual. Semua orang dapat mendapatkan bitcoin sendiri. Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan bitcoin diantaranya yaitu dengan membeli bitcoin, menambang bitcoin (bitcoin mining), mencari Bitcoin Gratis via faucet, giveaway, main game atau dengan, posting dapat bitcoin. Nah sekarang yang menjadi pertanyaan apa itu bitcoin mining? Atau apa yang dimaksud menambang bitcoin? Untuk kamu yang belum tahu apa itu bitcoin mining bisa anda baca penjelasan dalam artikel yang saya bagikan ini.
Pengertian Bitcoin Mining

Pengertian Bitcoin Mining

Bitcoin mining disebut dengan penambangan bitcoin. Istilah “Mining” atau “Menambang” didalam Bitcoin adalah suatu upaya untuk memecahkan blok baru bitcoin dengan cara memecahkan algoritma Bitcoin. Melalui cara seperti ini, Bitcoin baru akan diperoleh dan siap untuk ditransaksikan.

Proses penambangan/ mining bitcoin dilakukan dengan cara perhitungan matematik yang dilakukan dalam jaringan bitcoin. Sistem bitcoin berjalan secara online pada jaringan bitcoin, sedangkan dilakukannya perhitungan matematik tersebut yaitu untuk proses verifikasi transaksi bitcoin di internet yang berlangsung.

Dengan adanya verivikasi tersebut, maka seorang yang melakukan penambangan bitcoin akan dapat menemukan sebuah blok baru dalam jaringan bitcoin. Dari proses penembangan yang dilakukan tersebut, maka akan tercipta bitcoin baru. Tingkat kesulitan penambambangan bitcoin lambat laun akan semakin sulit.

Dalam melakukan proses penambangan bitcoin diperlukan sebuah perangkat lunak yang tersedia secara gratis dan dapat diunduh. Dengan adanya perangkat lunak tersebut, maka penambang bitcoin akan terkoneksi dengan jaringan bitcoin.

Selain perangkat lunak dalam proses penambangan bitcoin juga memerlukan perangkat keras dengan spesifikasi yang tinggi untuk memecahkan algoritma bitcoin. Hal itu diperlukan karena data dalam sistem jaringan bitcoin memiliki tingkat kemanan yang ketat.

Seiring dengan perkembangan teknologi jaman sekarang, pertambangan Bitcoin dengan menggunakan CPU Mining (Central Processing Unit) menjadi lebih sulit karena kemampuannya yang terbatas jika dibandingkan dengan perangkat penambangan Bitcoin yang ada sekarang.

Seiring berkembangnya teknologi sekarang ini, pertambangan bitcoin dengan CPU Mining (Central Processing Unit) menjadi semakin sulit sebab kemampuan yang dimilikinya terbatas apabila dibandingkan dengan perangkat penambang bitcoin yang telah ada saat ini.

Pengertian menambang bitcoin (Bitcoin Mining)

Bitcoin mining adalah salah satu cara yang digunakan untuk memperoleh bitcoin. Bitcoin dapat kita lihat sebagai sebuah sistem kas global yang besar yang menyimpan history transaksi (pergerakan uang) dari satu orang ke orang yang lain. Pada saat transaksi bitcoin diproses pada jaringan Bitcoin (bitcoin sedang dipindahkan dari orang satu ke orang yang lain) maka perlu memastikan bahwa seluruh transaksi telah terekam secara benar dan sistem kas telah tersinkronsisasi di seluruh dunia.

Proses tersebut dalam bitcoin bukanlah dilakukan oleh perorangan ataupun perusahaan, tetapi dilakukan oleh ribuan komputer di seluruh dunia yang terkoneksi dengan internet. Komputer tersebut disebut dengan miners atau penambang. Secara sederhananya mereka merupakan suatu komputer yang memproses transaksi.

Untuk dapat menjalankan proses tersebut dengan aman, maka komputer-komputer tersebut perlu melakukan kalkulasi kompleks yang membutuhkan usaha computing yang begitu besar, sehingga diperlukan juga energi yang besar dan alat-alat khusus yang serba canggih. Seorang yang menjadi pemilik komputer-komputer tersebut perlu membayar alat-alat dan listrik tersebut, jadi mereka harus memperoleh kompensasi dari semua usaha dan uang yang mereka habisakan untuk mendukung jaringan bitcoin. Mereka memperoleh kompensasi melalui bitcoin yang baru ditambang. Jadi bitcoin baru yang ditambang merupakan suatu penghargaan dan insentif bagi mereka yang berkontribusi untuk sistem yang menunjang proses transaksi bitcoin.

Cara lain untuk memahami hal ini yaitu dapat anda bayangkan apa yang akan terjadi kalau sebuah bank besar membangun sebuah sistem pemrosesan transaksi global yang terbsebar di seluruh dunia. Tentunya mereka akan menghabiskan biaya milyaran dolar lalu akan mengenakan biaya transaksi kecil kepada para pengguna untuk menutup biaya pengembangan sistem tersebut.

Dengan bitcoin mining maka biaya untuk sistem golobal tersebut dibagi ke dalam ribuan komputer, dan mereka menutup biaya mereka dengan bitcoin yang baru ditambang. Jadi hal seperti ini merupakan demokratisasi infrastruktur finansial.

Bagaimana sekarang anda sudah mengerti kan apa yang dimaksud dengan Pengertian Bitcoin Mining. Semoga ulasan dari blog temukan pengertian ini dapat memmbantu anda.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru