--> Skip to main content
Menu

Pengertian Asam Urat, Ciri-ciri dan Cara Mengatasinya

Bagi sebagian orang ciri-ciri asam urat yang muncul seringkali dianggap hal yang sepele. Padahal, dibalik gejala yang terlihat biasa itu tersembunyi risiko kesehatan yang tidak boleh diabaikan. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang apa itu asam urat mulai dari pengertian asam urat, ciri ciri asam urat hingga cara mengatasi asam urat.

Pengertian Asam Urat

Asam urat adalah kondisi yang bisa menyebabkan gejala nyeri yang tidak tertahankan, terjadi pembengkakan hingga terasa panas pada area persendian. Semua sendi pada tubuh manusia dapat berisiko terkena asam urat, akan tetapi sendi yang paling sering terkena risiko asam urat adalah sendi pada jari tangan, jari kaki, pergelangan kaki dan lutut.

Asam urat pada umumnya lebih mudah menyerang seorang pria, terlebih lagi bagi yang sudah berusia lebih dari 30 tahun. Sedangkan pada seorang wanita asam urat bisa muncul setelah mengalami menopause.

Dengan gejala yang berkembang begitu cepat dalam beberapa jam pertama, rasa sakit yang dialami oleh seseorang yang mengalami asam urat bisa berlangsung dalam rentang waktu antara 3 sampai 10 hari. Namun, sering kali orang salah kaprah dan menganggap sama antara penyakit asam urat dengan rematik. Padahal, rematik merupakan istilah yang untuk menyebutkan rasa sakit pada persendian atau otot yang ditimbulkan karena terjadi peradangan.

Ciri-ciri Asam Urat

Terdapat beberapa ciri-ciri asam urat, adapun beberapa ciri-ciri ketika terkena asam urat diantaranya yaitu sebagai berikut ini:

1. Rasa nyeri pada area persendian

Rasa nyeri sendi yang mendadak merupakan hal yang paling sering dirasakan oleh penderita asam urat. Selain rasa nyeri yang muncul secara mendadak, nyeri juga terasa sangat intens. Biasanya, nyeri asam urat mulai muncul pertama kali pada area jempol kaki, tetapi bisa juga terjadi di bagian sendi manapun. Adapun sendi lain yang sering terkena yaitu pergelangan kaki, lutut, siku pergelangan tangan dan jari-jari. Penderita asam urat umumnya akan merasakan nyeri yang parah selama 4 hingga 12 jam pertama.

2. Rasa tidak nyaman dalam waktu yang panjang

Setelah rasa nyeri yang sangat parah mereda, maka muncul rasa tidak nyaman pada area sendi bisa terjadi dalam waktu beberapa hari bahkan beberapa minggu kemudian. Serangan selanjutnya ini lebih cenderung bertahan dalam waktu yang lebih lama dan dapat memengaruhi lebih banyak area persendian.

3. Peradangan dan kemerahan

Sendi yang mengalami asam urat bisa saja terjadi pembengkakan, terasa lunak dan hangat, serta tampak kemerahan.

4. Kaku dan rentang gerak terbatas

Saat asam urat berkembang, mungkin penderitanya akan merasakan kaku pada area persendiannya yang mengakibatkan persendian tidak dapat digerakan secara normal. Bahkan beberapa penderita asam urat ada yang tidak bisa menggerakan bagian tubuh tertentu akibat rasa sakit yang berkepanjangan. Jika terjadi seperti demikian maka diperlukan perhatian yang lebih dalam mengatasinya.

Cara Mengatasi Asam Urat

Untuk mengatasi asam urat terlebih dahulu perlu memastikan apakah gejala yang dialami merupakan indikasi atau ciri-ciri dari penyakit asam urat ataukah bukan. Dalam ini biasanya dokter akan melakukan beberapa diagnosis seperti menanyakan riwayat penyakit pasien, seberapa sering gejalanya muncul, dan memeriksa area sendi yang sakit.

Pengobatan asam urat ini dapat dilakukan dengan pemberian obat. Akan tetapi, dalam pemberian obat asam urat dokter akan menyesuaikan dengan tingkat keparahannya. Adapun obat-obatan yang diberikan oleh dokter berfungsi untuk meredakan nyeri sekaligus mencegah terjadinya serangan asam urat di waktu mendatang.

Selain dengan memeriksakan diri ke dokter dan mengikuti apa yang dianjurkannya, penderita asam urat juga bisa mempertimbangkan mengkonsumsi Sido Muncul Ricasid. Suplemen herbal ini mempunyai racikan dengan komposisi khusus yang efektif dalam meredakan rasa nyeri sendi dan pegel linu, yang merupakan keluhan umum bagi penderita asam urat.

Cara Mengatasi Asam Urat

Dengan mengkonsumsi 3 kali 2 kapsul dalam sehari atau sesuai dengan anjuran dari dokter maka dapat memberikan banyak khasiat. Kenapa memiliki banyak khasiat? Karena memiliki beberapa kandungan berikut ini:

1. Ekstrak Mahkota Dewa (Phaleria Macrocarpa)

Tanaman yang satu ini sudah sangat terkenal akan khasiatnya untuk anti-inflamasi. Maka dari itulah, dengan mengkonsumsi Ricasid dari Sido Muncul dapat mengurangi inflamasi persendian secara efektif.

2. Bawang Putih (Alii Sativi)

Bawang putih yang sering digunakan sebagai bumbu dapur, ternyata memiliki kandungan antioksidan dan anti radang yang kuat. Kandungan pada bawang putih ini dapat membantu dalam mengurangi inflamasi dan membantu dalam mengelola kadar asam urat yang ada pada darah.

3. Sambiloto (Andrographidis Herba)

Bahan anti-inflamasi selanjutnya yaitu sambiloto. Tanaman yang satu ini sudah banyak digunakan oleh nenek moyang dalam ramuan pengobatan tradisional.

4. Kunyit (Curcuma Domesticae)

Kandungan Kurkumin yang terdapat pada kunyit terkenal akan efek anti-inflamasi dan pereda nyeri. Selain dapat membantu dalam meredakan rasa nyeri, keberadaannya juga dapat mengurangi kadar gout yang terlarut di dalam darah.

Demikian penjelasan yang dapat kami tulis tentang pengertian asam urat, ciri-ciri dan cara mengatasinya. Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat.