Skip to main content

Pengertian Sistem Operasi Single User

Pengertian sistem operasi single userSistem operasi merupakan program utama pada komputer yang menghubungkan antara software yang digunakan oleh user dengan hardware. Berdasarkan jumlah penggunanya, sistem operasi dibedakan menjadi sistem operasi single user dan sistem operasi multi user. Nah dalam pembahasan kali ini kami akan mengulas tentang apa itu sistem operasi single user, sedangkan untuk yang sistem operasi multi user akan kami bahas dalam postingan selanjutnya. Seperti apa yang dimaksud sistem operasi single user? Bagi teman-teman yang belum tahu teman-teman bisa menyimak definisi sistem operasi single user di sini. Selain itu disini juga kami sertakan jenis-jenis sistem operasi single user dan juga contoh sistem operasi single user.
Pengertian Sistem Operasi Single User

Pengertian Sistem Operasi Single User

Sistem operasi single user yaitu sebuah sistem operasi yang hanya menyediakan akses ke sistem komputer ke satu pengguna sekaligus. Apabila ada pengguna lain yang akan mengakses sistem komputer, maka yang sudah menggunakan komputer harus sudah selesai menggunakan komputer.

Meski melalui jaringan, sistem operasi single user dapat terkoneksi ke komputer dan sistem lainnya, walaupun hanya dapat digunakan oleh pengguna tunggal. Selama komputer hanya mempunyai satu monitor, keyboard dan perangkat input lain, maka masih disebut sistem operasi single user. Data komputer bisa diakses komputer lain, tetapi apabila pengguna dari komputer lain juga bisa menjalankan aplikasi pada komputer yang mereka lihat pada monitor, pada akhirnya masih disebut sebagai sistem operasi single user.

Sistem operasi single user merupakan pemandangan yang biasa pada saat kamu duduk di depan sistem komputer dan sedanga mengerjakan sesuatu, seperti menulis sebuah surat, misalnya dalam contoh tersebut hanya terdapat satu monitor san satu keyboard yang berinteraksi dengan kamu. Pada dasarnya sistem operasi Windwos 98, Windows ME, Windows XP, Windows Vista, Windows 7 adalah sistem operasi single user.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Jenis Sistem Operasi Single User

  • Sistem Operasi Single user single tasking adalah satu komputer hanya dapat digunakan oleh satu user dan hanya dapat menjalankan satu program pada satu waktu.
  • Sistem Operasi Single user multi tasking adalah satu komputer digunakan oleh satu user dan dapat menjalankan banyak program pada satu waktu.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Contoh Sistem Operasi Single User

  • Contoh sistem operasi single user-single tasking adalah DOS (Disk Operating System).
  • Contoh sistem operasi single user-multi tasking adalah Windows, MacOS, BeOS, JDS dan lain-lain.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Demikianlah penjelasan yang dapat kami tulis tentang pengertian Sistem Operasi Single User. Semoga penjelasan pada blog temukan pengertian ini bermanfaat bagi kita.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar