Skip to main content

Pengertian Printer

Pengertian printer - Dalam dunia komputer, apabila kita membahas tentang perangkat atau piranti yang terpasang di komputer, maka kita sering menyebutnya dengan istilah periferal. Mungkin beberapa dari kita masih terasa asing dengan istilah tersebut, walaupun contoh perangakatnya sudah sering kita temui bahkan kita gunakan saat menggunakan komputer. Salah satu contoh periferal pada komputer yaitu printer. Apa itu printer? Bisakah kamu menjelaskan seperti apakah printer itu? Mungkin diantara kamu masih ada yang belum tahu definisi printer. Untuk itulah pada pembahasan ini kami akan membahas tentang arti dari printer, agar kamu yang belum tahu dengan apa yang dimaksud printer bisa tahu seperti apa yang dimaksud dengan printer. Untuk menambah pemahaman tentang printer, di sini juga kami jelaskan tentang fungsi printer, dan jenis jenis printer.
Pengertian Printer

Pengertian Printer

Printer berasal dari kata print yang artinya cetak, dengan demikian printer adalah sebuah alat yang digunakan untuk mencetak. Jadi pengertian printer adalah alat yang diguanakan untuk mencetak informasi pada kertas. Dalam istilah komputer, informasi atau segala sesuatu yang telah tercetak di kertas dianamakan Hard Copy. Atau definisi dari printer adalah suatu alat yang dipakai atau digunakan untuk menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar atau grafik, di atas kertas.

Fungsi Printer

Fungsi printer adalah sebagai alat untuk mencetak suatu dokumen, mulai dari teks, gambar, dan gabungan antara teks dan gambar. Selain digunakan untuk mencetak suatu dokumen, printer juga mempunyai fungsi lain yang sudah diadopsi dari teknologi lain. Sebut saja fungsi printer untuk menggandakan dokumen (seperti layaknya mesin fotocopy), untuk memindai (scanning) dan untuk mengirimkan data (mesin fax). Printer pada awalnya hanyalah sebuah alat yang digunakan untuk mencetak dokumen yang menampilkan data baik itu berupa teks, gambar dan grafik ke dalam lembaran kertas. Tetapi seiring dengan berkembangnya teknologi yang pesat, fungsi alat-alat lain pun diadopsi oleh printer.

Jenis jenis Printer

Jenis jenis printer dan penjelasannya adalah sebagai berikut ini.
Jenis printer berdasarkan teknologinya
  • Daisy Whell, masih memiliki konsep yang hampir sama dengan mesin ketik. Proses pencetakannya dilakukan karakter demi karakter.
  • Line printer, konsepnya juga hampir sama dengna mesin ketik seperti Daisy Whell dan menghasilkan output yang sama dengan daisy whell namun prosesnya lebih cepat.
  • Dot Matrix, konsepnya seperti mesin ketik, dalam proses pencetaknnya menggunakan metode pita. Hasil cetaknnya terlihat seperti titik-titik yang saling terhubung satu dengan lainnya.
  • Inkjet, menggunakan tinta cair dalam proses pencetakannya
  • Laserjet, menggunakan tinta bubuk atau toner dengan menggunakan perangkat infra merah dalam pencetakannya.
Jenis jenis printer berdasarkan cara kerjanya
  • Printer dot metrix= Pada saat bekerja, jarum akan membentuk character images melalui gesekan jarum pada karbon dan kertas.
  • Printer inkjet= Cara kerjanya yaitu dengan menyemprotkan titik-titik kecil tinta pada kertas melalui lubang pipa atau nozzle yang sangat kecil.
  • Printer laserjet = Mirip seperti mesin fotokopi, yaitu dengan menggunakan photographic drum yang memfokuskan gambar yang dicetak titik pertitik dilakukan semi conductor laser.

Demikian penjelasan saya mengenai pengertian printer. Semoga penjelasan dalam blog temukan pengertian ini dapat menambah wawasan kita.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar