Pengertian Periferal (Unit Tambahan)

Advertisement
Advertisement
Pengertian periferal (unit tambahan) – Pada komputer ada yang namanya hardware atau perangkat keras komputer, dimana perangkat keras komputer terbagi menjadi beberapa jenis. Salah satu jenis perangkat keras komputer masuk dalam perangkat yaitu disebut sebagai periferal atau peripheral. Apa itu periferal? Seperti apakah yang dimaksud periferal komputer? Nah bagi teman-teman yang masih belum tahu dengan apa yang dimaksud periferal komputer, maka di sini kami akan menjelaskan arti dari kata periferal. Selain membahas tentang apa yang dimaksud dengan periferal, di sini juga kami tambahkan penjelasan tentang fungsi periferal ( unit tambahan) dan contoh periferal agar menambah pemahaman teman-teman tentang periferal.
Pengertian Periferal (Unit Tambahan)

Pengertian Periferal (Unit Tambahan)

Peripheral atau periferal adalah perangakat tambahan yang dipasang pada komputer untuk lebih mendayagunakan kompurer. Perangakat ini ada yang digolongkan sebagai perangkat masukan, processor dan perangkat keluaran. Biasanya perangkat ini terhubung ke komputer, namun perangkat ini bukan merupakan perangkat inti dari komputer. Jadi jika perangkat periferal tidak dihubungkan ke komputer, komputer masih dapat digunakan dan menjalankan fungsi-fungsinya.

Periferal tidak bisa menjalankan fungsinya, jika periferal tersebut tidak dihubungkan ke komputer. Biasanya periferal berada di dalam dan di luar case komputer. Jadi jika teman-teman menemukan perangkat-perangkat seperti pada penjelasan di atas, maka dapat dipastikan perangkat tersebut disebut sebagai perangkat periferal/ perangkat tambahan (unit tambahan).

Fungsi Periferal (Unit Tambahan)

Fungsi periferal komputer adalah sebagai perangkat tambahan yang dapat digunakan untuk memperluas fungsi komputer. Misalnya yaitu printer, dengan adanya sebuah printer, maka komputer bisa mengeluarkan hasil proses menjadi cetakan text maupun gambar pada kertas.

Contoh Periferal (Peripheral)

Contoh peralatan periferal sebagai berikut ini:
  1. Peripheral internal
  2. Periferal internal merupakan periferal yang berada di dalam case komputer, contoh periferal internal yang sering kita jumpai diantaranya yaitu VGA Card, Sound Card, LAN Card dan masih banyak yang lainnya. Biasanya perangkat ini terpasang di slot ekspansi.
  3. Peripheral eksternal
  4. Peripheral eksternal adalah perangkat periferal yang berada di luar case komputer, contoh peripheral eksternal yaitu Printer, Speaker, Scanner, Web Cam dan masih banyak yang lainnya. Biasanya untuk menghubungkan perangkat-perangkat peripheral eksternal diperlukan kabel Serial, PS2 atau bisa juga kabel USB.

Demikian penjelasan yang dapat kami tulis tentang pengertian periferal (unit tambahan). Mudah-mudahan apa yang kami tulis pada blog temukan pengertian ini dapat menambah pengetahuan kita.

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru