Skip to main content

Pengertian Monitor Komputer, Fungsi dan Jenis Monitor

Pengertian monitor komputer - Apabila kamu pernah menggunakan sebuah komputer, maka kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya monitor. Karena monitor merupakan perangkat yang terdapat pada komputer. Nah apa itu monitor komputer? Mungkin bagi kamu yang belum pernah menggunakan komputer masih belum tahu seperti apakah monitor itu. Maka dari itulah dalam pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang apa yang dimaksud dengan monitor komputer agar bisa tahu seperti apa arti monitor pada komputer. Selain membahas tentang definisi monitor komputer, dalam artikel ini juga kami sertakan fungsi monitor dan jenis jenis monitor komputer agar bisa lebih memahami tentang monitor.

Pengertian Monitor Komputer

Pengertian Monitor Komputer

Pada dasarnya istilah monitor merupakan serapan kata dari bahasa inggris yaitu kata “monitor” yang berarti mengamati. Karena itulah, apabila diartikan dari asal katanya, monitor bisa dairtikan sebagai sebuah perangkat yang dipakai untuk mengamati sesuatu. Apabila diartikan secara lengkap, maka pengertian monitor adalah perangkat keras yang digunakan untuk menampilkan gambar atau output data grafis/ hasil dari pemrosesan data yang berasal dari sumber-sumber data grafis seperti CPU, satelit dan sumber data grafis yang lain. Pada perangkat komputer, monitor sering disebut sebagai layar komputer. Sedangkan pada perangkat jaringan televisi monitor sering kali disebut sebagai layar televisi.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Fungsi Monitor Komputer

Fungsi monitor adalah sebagai penampil berbagai macam data yang diproses di dalam komputer. Monitor sebagai alat keluaran (output) dari Central Processing Unit atau memori komputer yang berupa data-data biner. Kemudian diubah menjadi bahasa manusia dan ditampilkan ke monitor sehinga dapat dimengerti pengguna komputer.

Jadi monitor mempunyai peranan yang sangat penting pada sebuah komputer. Tanpa adanya monitor, komputer akan cenderung sulit untuk digunakan, kecuali apabila dihubungkan ke perangakat output yang lain seperti ohp, projector dan lain-lain.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Jenis jenis Monitor dan Gambarnya

Sampai saat ini, terdapat 5 jenis monitor yang digunakan pada perangkat komputer atau perangkat elektronik yang lain. Jenis jenis monitor dan penjelasannya adalah sebagai berikut ini.

1. Monitor CRT (Chatode Ray Tube)

Monitor CRT adalah sebuah monitor yang dibuat dengan memanfaatkan teknologi sinar katoda yang ditaruh di dalam tabung. Monitor CRT merupakan jenis monitor komputer tertua yang sampai saat ini masih banyak dipakai. Dikarenakan monitor ini menggunakan tabung katoda, maka monitor CRT sering disebut sebagai monitor tabung.

Pengertian Monitor Komputer

2. Monitor LCD (Liquid Cristal Display)

Monitor LCD adalah sebuah monitor yang dirakit dengan memanfaatkan teknologi sinar di media cairan kristal. Monitor LCD jika dibandingkan dengan monitor CRT, ukurannya jauh lebih ramping monitor LCD. Tidak hanya itu saja, dari segi kualitas gambar dan tingkat resolusi yang ditampilkan monitor LCD jauh lebih baik dibanding dengan monitor CRT.

Pengertian Monitor Komputer

3. Monitor LED (Light Emiting Diode)

Monitor LED adalah sebuah monitor yang dibuat dengan memanfaatkan teknologi dioda lampu yang dapat memancarkan emisi cahaya. Meskipun tidak jauh berbeda dengan monitor LCD, namun monitor LED cenderung sedikit lebih tipis jika dibandingkan dengan monitor LCD.

Pengertian Monitor Komputer

4. Monitor Plasma

Monitor plasma adalah sebuah monitor yang dirancang dengan memanfaatkan teknologi gas neon ataupun xenon yang ditaruh di antara 2 pelat kaca. Monitor plasma, jika dibandingkan dengan seluruh monitor sebelumnya, monitor plasma lah yang terbaik dari segi kualitas gambar yang dihasilkan. Akan tetapi harga monitor plasma memang jauh lebih mahal dibandingkan dengan monitor-monitor sebelumnya.

Pengertian Monitor Komputer

5. Monitor OLED (Organic Light-Emitting Diode)

Monitor Oled adalah sebuah semikonduktor sebagai pemancar cahaya yang terbuat dari lapisan organic. Monitor oled dibuat dan dirancang dengan memanfaatkan teknologi elektroluminesasi seperti pada aplikasi tampilan layar dan sensor. Kecanggihan teknologi monitor ini dikenal lebih fleksibel dengan ketipisan yang kurang dari 1 mm. Jika dibanding dengan monitor-monitor sebelumnya, monitor ini jelas lebih baik.

Pengertian Monitor Komputer
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Demikian apa yang dapat kami jelaskan tentang pengertian monitor komputer. Semoga penjelasan yang kami tulis di atas pada blog temukan pengertian ini dapat memberikan manfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar